Seberapa Penting Peran Seorang Guru Buatmu?


GHIRAHBELAJAR - Salam hangat teman Ghirah Belajar, semoga dalam keadaan sehat dan bahagia selalu. Kali ini kita punya pertanyaan yang perlu dijawab bersama. Dijawab dalam hati pun tak apa, kok teman. Pertanyaan itu adalah "Seberapa penting peran seorang guru buatmu?".

Setiap orang pasti bakal punya pendapat dan pandangan yang berbeda-beda soal ini. Karena tentu punya pengalaman yang beda pula ketika sekolah dan bertemu guru yang bermacam-macam karakternya. Ada guru yang sangat digemari dan dirindukan. Ada pula guru yang dianggap biasa-biasa saja, bahkan ada juga guru yang kurang disukai muridnya.

Padahal, ada sebuah nasihat mengatakan, "kalau mau belajar, pertama kamu harus berprasangka baik terhadap gurumu." Berprasangka baik di sini mesti dilakukan jika kita ingin bisa menerima pembelajaran dengan mudah dari sang guru. Tentu, pengalaman teman-teman yang pernah dan masih sekolah membuktikannya.

Bahwa ketika kita kurang suka terhadap seorang guru, kita akan sulit menerima materi pelajaran darinya. Namun sebaliknya, ketika kita menyukai gurunya, entah dalam kepribadian, kareakter, maupun gaya penyampaiannya dalam mengajar, kita bakal lebih mudah mencerap pengetahuan yang ia transfer di dalam proses belajar. Maka kuncinya adalah berprasangka baik, be positive thinking terhadap gurumu.

Ngomong-ngomong soal seberapa penting peran guru, sebenarnya ada kisah nyata yang sangat populer di Jepang. Yaitu ketika Hirosima dan Nagasaki habis dibom atom oleh sekutu, hal pertama yang dilakukan otoritas Jepang adalah menghitung berapa guru dan dokter yang masih hidup. Jepang pun kembali membangun peradabannya dimulai dari pendidikan dan kesehatan.

Selama 20 tahun berjuang dengan berbagai persoalan, akhirnya Jepang pun membuktikan bahwa bangsanya mampu menjadi pesaing tangguh negara-negara maju.

Sampai saat ini, jika bicara soal kualitas produk teknologi, produk Jepang memiliki kualitas yang tinggi. Coba kita bayangkan, apa yang terjadi jika pemerintah Jepang waktu itu abai terhadap pendidikan? Mungkin tidak akan segemilang saat ini.

Berkaca pada kisah pemerintah Jepang itulah, kita ambil pelajaran berharga bahwa guru memiliki peran yang besar dalam membangun peradaban suatu bangsa. Guru adalah pilar utama peradaban itu sendiri. Dari tangan dingin gurulah lahir para pengusaha sukses, pejabat, tentara, pilot, bahkan presiden.

Jadi, seberapa penting peran guru buat kita? Tentu sangat penting. Hormatilah ia, karena marahnya adalah untuk mendidikmu. Dan, doanya sangat berguna bagi masa depanmu. Mari terus hidupkan Ghirah Belajarmu, semua orang itu guru, alam raya sekolahku.

Referensi

Dr E Mulyasa, M. Pd. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda.

Posting Komentar

10 Komentar

  1. Iya, tanpa guru ilmu nggak akan berkembang, meski ilmu skrg udah banyak bentuknya termasuk literasi digital, koding, web dev, dan semua hal terkait teknologi, org yg mahir di bidang itu bakalan ngajarin ilmunya ke orang lain dengan minat sama demi membuat estafet ilmu yang bisa terus dikembangkan, semoga profesi guru makin memberi dampak baik untuk Indonesia. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak Agung, semua orang itu guru... era digital menuntut generasi muda untuk berkolaborasi menciptakan kemajuan dan perubahan.

      Hapus
  2. Guru pahlawan tanap tanda jasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, seperti itulah. Meski nasibnya kadang tak beruntung karena masih banyak guru yang statusnya honorer, gaji minim, untuk biaya hidup pun susah. Tapi para guru selalu teguh berjibaku menyelesaikan amanatnya mengajar. Semoga guru-guru di Indonesia diberikan kesehatan dan rezeki yang berlimpah. amiin.

      Hapus
  3. Guru bukan orang hebat ia hanya berbagi Ilmu. Tetapi, Guru menghasilkan orang orang hebat yang kelak akan menjadi pejabat, pengusaha, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, guru adalah pabriknya orang-orang hebat.

      Hapus
  4. Panjang umur, sehat terus semoga selalu dalam lindungan Nya wahai guru-guru di seluruh dunia!

    BalasHapus
  5. Guru tempat bertanya dan menjelaskan akan suatu materi yang di bahas sehingga pengetahuan kita akan semakin meluas karena penjelasan guru, jika hanya membaca saja maka pengetahuan kita akan paham terhadap buku itu saja dan buku tidak bisa menjelaskan lebih lanjut sekiranya ada pertanyaan lain yg di baca dalam buku.
    Maka, guru adalah sumber pemahaman yang berharga agar kita bisa memahami untuk lebih paham lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain tempat bertanya, guru adalah pemantik "tanda tanya" baru di kepala siswa. Dengan itulah akan muncul pikiran-pikiran gres yang membuat anak bisa berinovasi dan kreatif. Terima kasih kak.

      Hapus