Mengenal 6 Jenis Berita di Media Massa



GHIRAHBELAJAR.COM – Berita yang saban hari kita lihat di media massa begitu banyak ragamnya. Bagi kamu yang sedang mempelajari bagaimana menulis berita yang baik, kamu perlu tahu ada berapa jenis berita dan seperti apa bentuknya. Berikut ini adalah materi mengenai Mengenal 6 Jenis Berita di Media Massa. Mari kita simak.

Jenis-Jenis Berita

Meskipun memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menyampaikan informasi kepada pembaca, penyajian sebuah berita tidak melulu monoton. Nah, untuk itulah mesti kita ketahui apa saja jenis-jenis berita. Karena dengan mengetahui jenis-jenis berita ini nantinya kita bisa menyajikan sebuah informasi dengan variasi penyajian. Hal itu bisa menghalau kebosanan pembaca. Mari kita bahas satu per satu.

1. Straight News

Yang pertama adalah staight news. Jenis berita ini merupakan berita langsung yang ditulis secara singkat, lugas, dan apa adanya. Di media cetak, staight news ini terdapat pada halaman depan atau headline. Mengapa ada di depan? Karena yang diangkat dalam staight news adalah berita yang berimplikasi kepada masyarakat luas. Jenis straight news ada dua, yakni hard news dan soft news.

Hard news adalah berita yang berisi peristiwa yang dianggap memiliki nilai lebih, berkualitas, dan berita terbaru. Gaya pemberitaannya lugas dan singkat. Sehingga jenis berita ini kerap dianggap juga sebagai berita yang membosankan. Selain isu yang diangkat adalah isu yang berat, hard news memiliki pengaruh dan dampak yang besar bagi publik. Berbeda dengan hard news, jenis soft news lebih halus. Soft news biasanya merupakan berita pendukung yang nilainya berada di bawah hard news. Berita dengan gaya halus ini lebih fleksibel dalam penyampaian informasinya.

2. Feature

Feature adalah salah satu berita halus yang disajikan dengan gaya bercerita alias naratif. Informasi yang disajikan feature sebenarnya tak kalah pentingnya dengan apa yang ada pada staight news. Namun, di sini pembaca bisa merasakan apa yang dirasakan penulisnya ketika menggambarkan suatu peristiwa. Hal itu karena feature memberikan ruang untuk membangkitkan imajinasi pembaca. Membaca berita feature biasanya membuat kita merasa seperti mendengarkan orang lain bercerita. Mengalir, tapi tetap mengandung informasi penting tentang suatu peristiwa. Dan, feature juga merupakan seni dalam penyajian berita. Butuh keativitas untuk membuat berita feature.

3. Depth News

Depth news adalah berita yang menyajikan informasi secara mendalam mengenai suatu peristiwa atau kejadian. Berita ini menyajikan informasi mendalam mengenai mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Nah, tujuannya untuk mengulas isu-isu tertentu dengan lebih mendalam. Jadi, berita yang hari ini muncul di halaman 1, bisa jadi besok diulas lagi secara lebih mendalam, mengikuti fakta yang berkembang.

4. Investigation News

Selanjutnya adalah investigation news atau berita investigasi. Berita jenis ini berisi hasil pencarian dan penggalian secara mendalam atas peristiwa yang terjadi. Tujuannya, mengabarkan temuan-temuan hasil penelitian atau penyelidikan atas kasus atau kejadian yang dianggap sangat penting dan merugikan publik. Misalnya kasus mata rantai peredaran narkoba dan tindak kriminal lainnya.

5. Interpretative News

Interpretative news berisi pengembangan dari straight news. Berita jenis ini menyajikan informasi lebih mendalam lagi. Dilengkapi dengan data-data dan fakta tambahan tentang suatu peristiwa. Baik itu bersumber dari hasil penelitian si penulisnya, maupun hasil wawancara bersama pengamat dan ahli atau pakar tertentu. Yang dikedepankan dalam berita jenis ini adalah fakta, bukan opini.

6. Opinion News

Selanjutnya adalah opinion news atau dikenal juga dengan editorial. Berita jenis ini menyajikan informasi mengenai suatu kejadian tetentu dalam bentuk opini. Kolom editorial atau opini ini diisi oleh para ahli, pengamat, pakar di bidangnya. Terkadang memuat juga opini dari tokoh tertentu, masyarakat, ataupun pelajar.

Itulah tadi penjelasan mengenai jenis-jenis berita yang terdapat di media massa. Jadi, setelah kamu mengerti jenis-jenis berita ini kamu bisa mengaplikasikannya ketika membuat atau menulis berita.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk disebarkan ya! Terima kasih.

Posting Komentar

0 Komentar