Prapesan Buku Merebut Tafsir Pancasila - Ust Nurbani Yusuf


GHIRAHBELAJAR.COM - Prapesan Buku Merebut Tafsir Pancasila - Ust Nurbani Yusuf

Judul: Merebut Tafsir Pancasila

Penulis: Nurbani Yusuf 

Kategori: Ilmu Sosial dan Politik

Ukuran: 14x20 cm

Penerbit: Penerbit Mera Books

Harga: 68.000

Harga PO: 57.000

Pemesanan: 0857-4057-4371 (WA: Kericik)


Prapesan berlangsung hingga 12 April 2021


Era pascareformasi seharusnya bisa kita maksimalkan sebagai upaya menentukan perjalanan bangsa ke arah yang lebih baik. Namun, nyatanya apa yang terjadi di realitas keseharian kita berbeda: kita semakin gamang dan kabur. Di sisi lain, berbagai ragam ideologi berkembang dan tumbuh subur bak jamur di musim hujan. 

Di tengah kondisi seperti ini, masyarakat yang putus asa cenderung memilih ideologi alternatif sebagai cara pandang mengatasi persoalan sosial-ekonomi. Atas dasar trauma pada era Orde Baru, masyarakat pun memilih ideologi lain ketimbang Pancasila sebagai dasar pandangan hidup. 

Masyarakat trauma dengan ide "asas tunggal" yang menjadikan tafsiran Pancasila oleh negara adalah yang paling benar, apalagi ketika dasar negara dikaitkan dengan agama. 

Belum lagi, ideologi alternatif yang cenderung ekstrem dan mengandung nuansa primordialisme yang kuat, yang kini agaknya cukup banyak diminati, adalah juga satu dari sekian banyak dampak atas kurang tepatnya negara mengatasi radikalisme dengan tindakan radikal. 

Tentu, tindakan yang demikian menjadi akar turunnya kepercayaan masyarakat terhadap institusi negara dan Pancasila sebagai dasar negara. 

Oleh sebab itu, sangatlah wajar bila diskursus tentang Pancasila dihidupkan lagi, bukan untuk mengulang sejarah, melainkan bagaimana meletakkan kembali Pancasila secara proporsional dan kontekstual sesuai dengan semangat zaman.


#MerebutTafsirPancasila #NurbaniYusuf #PadhangMakhsyar


Pesan? Klik di sini.


Posting Komentar

0 Komentar