Gebyar Ramadhan Uhamka Hidupkan Semangat Ke-HAMKA-an


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Pandemi Covid-19 bukan penghalang bagi umat Muslim untuk menjalin tali silaturahmi serta mengembangkan kreativitas. Hal ini dibuktikan oleh Univ. Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) dengan menyelenggarakan Gebyar Ramadhan dengan kegiatan perlombaan yang telah usai di tengah pandemi seperti ini.

Ketua LPP AIK Uhamka Ustaz Muhammad Dwi Fajri mengatakan, kegiatan Gebyar Ramadhan ini diikuti oleh 900 peserta. Dalam sejarah Gebyar Ramadhan, kata dia, tahun inilah peserta begitu banyak. “Diikuti oleh 66 perguruan tinggi seluruh Indonesia serta ada peserta berasal dari Malaysia, ditambah74 Sekolah Menengah yaitu SMA, MA, SMK juga Pesantren,” tuturnya dalam penutupan kegiatan Gebyar Ramadhan sekaligus pengumuman pemenang lomba, Sabtu (8/5).

Tujuan dari kegiatan ini, kata Ustaz Fajri, adalah menghidupkan Ramadan. Menurut Dwi Fajri, Ramadan ini harus dihidupkan dengan sesuatu yang positif. “Tidak hanya itu, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya menghidupkan semangat ke-HAMKA-an,” kata dia melanjutkan.

Fathiyyah yang merupakan pemenang juara 3 lomba Hifdzil Qur’an, utusan SMAN 1 Sumatera Barat mengungkapkan Gebyar Ramadan ini berbeda dari lomba-lomba biasanya karena biasanya kebanyakan lomba hafizh hanya tes hafalan. “Namun, di sinilah saya tertarik untuk mengembangkan pengetahuan saya tentang tajwid. Karena tajwid juga termasuk unsur penilaian dari lomba ini. Dan juga dari segi hadiah, merupakan bukti keseriusan Uhamka dalam menyelenggarakan kegiatan ini,” katanya.

Walau di tengah pandemi dan juga diselenggarakan secara daring, kegiatan ini membawa banyak dampak positif. Hal senada pun diungkapkan oleh Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro. “Kegiatan ini bagian dari mensyiarkan ramadhan, ternyata justru memiliki dampak positif. Dapat meningkatkan serta mengembangkan kreativitas kita,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, terbukti bahwa pandemi tidak menjadikan kendala atau hambatan bagi kita untuk terus menjalin silaturahim. “Terbukti, peserta nya semakin meningkat dibanding tahun lalu. Baik dari jumlah peserta maupun dari jumlah institusi yang ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Menurut Gunawan, kegiatan ini tidak hanya menjadi media dakwah, tetapi juga menjadi ruang untuk saling mengapresiasi. 

Posting Komentar

0 Komentar