Aisyah: Webinar Praskripsi untuk Menjawab Kebingungan Mahasiswa


MADRASAHDIGITAL.CO, JAKARTA – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) FEB Uhamka Jakarta Timur membekali mahasiswa tingkat akhir dengan menggelar Webinar Praskripsi, Sabtu-Minggu (26-27/6). Kegiatan ini dilaksanakan atas inisiasi Bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK) PK IMM FEB Uhamka

Sekretaris Bidang RPK IMM FEB Uhamka, Aisyah Syahfitri Oktaviani, menjelaskan, ide kegiatan ini muncul setelah Bidang RPK PK IMM FEB UHAMKA melihat belum adanya lembaga mahasiswa yang memberikan perhatian terhadap mahasiswa semester akhir, terutama masalah penyusunan skripsi. 

“Ide kegiatan ini muncul setelah kami di Bidang RPK mendiskusikan masalah-masalah yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir di FEB UHAMKA. Ditambah perhatian IMM terhadap masyarakat luas melalui program kerja kami harus terus ditingkatkan, terkhusus mahasiswa tingkat akhir. Dan akhirnya kami di Bidang RPK mencoba menggagas terlaksananya program pra skrikpsi ini,” ujar Aisyah.

Dia juga menyampaikan, meski pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dua hari, mahasiswa tetap antusias mengikuti proses webinar ini. “Alhamdulillah, meskipun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara online dan menyita waktu dua hari di akhir pekan, tetapi antusias mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pra skripsi ini tetap tinggi. Ini dibuktikan dengan dihadirinya kegiatan ini oleh 130-an partisipan selama dua hari ini," ujar Aisyah, Senin (28/6).

Aisyah menjelaskan bahwa kegiatan ini targetnya agar keresahan yang dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir terkait penulisan skripsi bisa teratasi. “Targetnya keresahan mahasiswa tingkat atas teratasi dengan adanya pelatihan ini,” ungkapnya.

Dia juga menceritakan, mahasiswa tingkat akhir kerap merasa kebingungan ketika hendak menyusun skripsi. “Bingung nentuin judul, terus ada yang udah bisa nentuin judul bingung nyari masalah, udah ada masalah bingung ngolah datanya, nah makanya Bidang RPK ngadain program kerja ini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan praskripsi ini merupakan yang pertama kalinya diadakan IMM FEB Uhamka. “Belum ada, webinar praskiripsi ini. Ini pertama kalinya ngadain webinar yang membahas penulisan skripsi,” ujarnya.

Sebelumnya, IMM FEB Uhamka pernah menggelar program riset untuk mahasiswa dengan pelatihan karya tulis ilmiah. Namun, antusias mahasiswa sangat minim. Pelatihan karya tulis ilmiah hanya diikuti oleh 30 mahasiswa, sedangkan webinar praskripsi ini diikuti lebih dari 150 mahasiswa.

“Itu sebenernya kemarin sudah. Kami (sebelumnya) sudah mengadakan tentang pelatihan karya tulis ilmiah yang diawali pencarian data dari divisi R&D RPK terhadap potensi mahasiswa FEB Uhamka. Nah, oleh sebab itu, kami mengadakan pelatihan plus lombanya. Namun, peminatnya ternyata kalah banyak dengan webinar praskiripsi yang bisa menyentuh 150 lebih,” tutur Aisyah, Senin (28/6).

Posting Komentar

0 Komentar