Dosen Uhamka Dorong Anak Menulis Hingga Terbitkan Buku


GHIRAHBELAJAR.COM, BEKASI – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Buku Cerita Anak Sains dan Lingkungan Berbasis Penguatan Karakter Religius bagi Anak Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pejuang Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan yang diinisiasi dosen FKIP Uhamka dan didukung LPPM Uhamka ini dikemas dalam bentuk workshop. Kegiatan berjalan selama dua hari, yaitu pada 31 Juli-1 Agustus 2021, secara daring. Acara ini diikuti oleh 31 anak Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pejuang Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat.

Dosen PGSD FKIP Uhamka yang juga Ketua Pelaksana, Zuldewina, mengatakan, pelatihan ini diadakan karena pada masa pendemi ini anak-anak lebih sering bermain ponsel dibandingkan membaca buku. Maka dari itu, dia beranggapan, pelatihan ini memberikan manfaat bagaimana anak-anak dapat menulis sendiri cerita yang berhubungan dengan sains dan lingkungan berbasis penguatan nilai-nilai religius.

“Anak-anak diajarkan teknik dasar menulis sampai menjadi sebuah buku ISBN yang sudah terbit,” ungkap Zuldewina lewat siaran persnya, Rabu (4/8).

Dia juga menjelaskan, Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk penguatan religius anak asuh. Dengan bentuk kegiatan pelatihan dan kompetisi menulis cerita pendek agar anak panti asuhan mempunyai karakter religius.

Ditargetkan, setelah mengikuti kegiatan ini, anak-anak asuh memiliki kemampuan menulis untuk mengembangkan gagasan, ide, wawasan, dan kepercayaan diri. “Selain itu, melalui kompetensi penulisan, diharapkan anak-anak Panti Asuhan Putri Muhammadiyah mempunyai kebanggaan atas hasil karya mereka dan menjadi tahapan berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi menulis yang sudah ada,” ungkapnya.

Maka, lanjut dia, perlu untuk diadakan pelatihan menulis cerita anak difokuskan pada lingkungan dan sains berbasis penguatan karakter religius bagi anak di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Bekasi Timur.

Ketua Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pejuang Harapan Indah Bekasi, Rustam, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mengembangkan bakat anak-anak panti dalam menulis cerita. “Di akhir kegiatan anak-anak Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Pejuang Harapan Indah bekasi sangat senang sekali. Karena dapat menulis cerita dengan ide pemikirannya sendiri,” kata dia.


Acara ini berjalan dengan dipandu oleh MC, Iis Noviyanti yang merupakan alumnus PGSD FKIP Uhamka. Setelah itu Ibu zulfadewina memberikan materi mengenai cara Menulis Buku cerita berbasis IPA. Kemudian dilanjutkan dengan anggota tim bapak fadiarman Dosen Pendidikan Geografi memberikan Materi mengenai bagaimana teknik menulis dengan tema lingkungan dengan Penguatan Religius. Dilanjutkan oleh Sari Ningsih sebagai manager Leguty Media. Sari memberikan materi tentang bagaiamana cara dan alur menerbitkan sebuah buku.


Anak-anak panti asuhan yang sudah selesai menulis, tulisannya diseleksi oleh Septi Fitri Meilana, dosen PGSD FKIP Uhamka, sebagai tim editor.


Posting Komentar

0 Komentar