Kolaborasi Bersihkan Masjid, Semprot Disinfektan, dan Bagikan Masker


 
GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA TIMUR – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini Jakarta sudah berada dalam zona hijau setelah angka kasus aktif Covid-19 menurun seiring dengan meningkatnya pelaksanaan vaksinasi.

“Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi ‘herd imunity’ (kekebalan kelompok). Namun, demikian kami minta semua warga disiplin dan patuh dan taat protokol kesehatan,” kata Riza Patria dikutip Tempo.co saat meninjau sentra vaksinasi di Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (22/8).

Gerak bareng dan saling jaga dari pandemi adalah agenda misi kemanusiaan yang diinisiasi oleh Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta Timur (PC IMM Jaktim) yang diagendakan dengan berkolaborasi dengan Misi Kemanusiaan dan PK IMM FKIP Uhamka.

Ketua Umum PC IMM Jaktim, Wikka Essa Putra, mengatakan, kita sama-sama saling menjaga di tengah situasi pandemi yang tidak bisa kita prediksi. Meskipun, kata dia, menurut data keadaan Jakarta mengalami penurunan, hal tersebut tidak bisa kita prediksi karena protokol kesehatan kerap diabaikan. “Maka dalam hal itu kerja kemanusiaan tersebut sebagai pengingat bahwa pandemi bisa datang kapan saja dan melalui siapa saja,” ujarnya, Ahad (22/8).

Pelaksanaan agenda tersebut dibagi menjadi dua tempat. Pertama, di Masjid Al-Hidayah Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bidaracina, Tanjung lengkong Jatinegara, Jakarta Timur, dan kedua yaitu Masjid Al-Anwar Pimpinan Ranting Muhammadiyah Bidaracina, Tanjung lengkong Jatinegara, Jakarta Timur. Di kedua masjid itu kader PK IMM FKIP Uhamka dan PC IMM Jaktim melakukan penyemprotan disinfektan dan fogging.

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan bersih-bersih masjid dan pembagian masker di Masjid Al-Hidayah. Penyerahan masker dilakukan secara simbolis oleh kepada Ilham sebagai Pengurus Masjid Al-Hidayah.

“Menurut saya perlu adanya gerakan gerakan serupa untuk dimasa datang supaya semangat humanitas dapet terus bisa di pupuk walau ditengah banyaknya problematika terkhusus pandemi Covid -19 dan gerakan yang Misi kemanusiaan dengan kolaborasi di setiap komisariat ini menurut saya sangat progesif dimana hal ini dapat menanamkan nilai nilai kemanusiaan kepada diri setiap kader,” kata Arrosyid Wahyu Nugroho, kabid SPM PK IMM FKIP Uhamka.

Dia berharap kegiatan tersebut tetap dipertahankan dengan kolaborasi pada setiap komisariat di Jakarta Timur sebagai bagian dari internalisasi ideologis kepada kader memupuk kader dalam menanamka nilai-nilai kemanusiaan.

Sementara itu, Ilham selaku pengurus Masjid Al-Hidayah menyampaikan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. “Kita tidak hidup dizaman nabi atau rasullullah bahwa kita sudah seharusnya taat kepada aturan yang dilakukan oleh PP Muhammadiyah dan Pemerintah DKI Jakarta untuk taat protokol kesehatan dan melakukan vaksin,” ujarnya.

Sebab, kata dia, banyak yang terpapar covid-19 dan meninggal dunia karena tidak mengetahui perkembangan virus dan tidak memperhatikan dirinya sendiri. “Masker yang diberikan oleh temen-temen IMM akan kami berikan kepada masyarakat saat ibadah shalat Jumat nanti karena masyarakat disini masih suka ada yang tidak menggunakan masker, kebetulan saya sebagai check point,” kata Ilham, pengurus Masjid Al-Hidayah PRM Bidaracina Jatinegara. (fadhil)

Posting Komentar

0 Komentar