Semprot Disinfektan, Misi Kemanusiaan Terjun ke Panti Asuhan


GHIRAHBELAJAR.COM - Semprot Disinfektan, Misi Kemanusiaan Terjun ke Panti Asuhan

DEPOK – Tim Misi Kemanusiaan melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dan pemberian santunan di Panti Asuhan Muhammadiyah Tanah Abang, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (7/8).

Salah satu anggota Tim Misi Kemanusiaan, Apt Lukman Suhandi SFarm, mengatakan kegiatan ini merupakan aksi rutin yang dilakukan Misi Kemanusiaan. Dia juga bersyukur karena masih Tim Misi Kemanusiaan masih bisa melakukan aksi seperti ini.

“Alhamdulillah, hari ini tim misi kemanusiaan melakukan kegiatan yang biasa dilakukan. Pagi ini, kami melakukan penyemprotan di Panti Asuhan Muhammadiyah di Sawangan, Depok,” ujar Lukman, Sabtu (7/8).

Dia juga menjelaskan, penyemprotan disinfektan dilakukan di tiga titik area panti asuhan. Yakni di area masjid, kamar-kamar santri dan toilet, serta aula tempat santri biasa berkegiatan.

“Insya allah misi-misi seperti ini akan terus berlanjut. Ke depannya kita mau misi apa lagi, yang penting semua yang kita lakukan bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama di masa pandemi ini. Panjang umur untuk semua hal baik,” tutup Lukman.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, Misi Kemanusiaan juga membagikan dua dus susu kotak kepada para santri. Sementara untuk memenuhi kebutuhan logistik, para santri pun dibekali sembako yang dibelanjakan dari hasil penggalangan dana dari donatur.

Tim Misi Kemanusiaan sendiri merupakan gerakan kemanusiaan yang digerakkan oleh para pemuda dari berbagai latar belakang. Gerakan ini telah dimulai sejak awal pandemi Covid-19 muncul di Indonesia.

Adapun yang pernah dilakukan Tim Misi Kemanusiaan, di antaranya penyaluran 200 lebih alat pelindung diri (APD) untuk para nakes di RS dan puskesmas. Kemudian, pembagian 500 paket sembako kepada masyarakat umum yang terdampak Covid-19. 

Selain itu, Misi Kemanusiaan juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membagikan masker dan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat dan tanggap pasien isolasi mandiri (isoman).

Kali ini, Misi Kemanusiaan membuat gerakan bertajuk “Patungan Solidaritas 50K”. Gerakan patungan Rp 50 ribu untuk membantu masyarakat di tengah pandemi yang diwujudkan dengan beberapa agenda gerakan. Yakni, Jumat barokah, peduli isoman, dan penyemprotan disinfektan.

“Pertama Jum’at Barokah, yaitu berupa gerakan pembagian makanan kepada masyarakat terdampak pandemi, pedagang kaki lima, dan para pemulung. Kedua, kami juga ada gerakan Penyemprotan Disinfektan untuk rumah warga, rumah ibadah seperti masjid dan mushola, dan panti asuhan,” ungkapnya, Kamis (5/8).

Gerakan yang ketiga, Rully melanjutkan, yaitu gerakan Peduli Isoman. Misi Kemanusiaan, kata dia, membantu warga pasien Covid yang sedang isoman dalam hal suplai kebutuhan kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin hingga logistik, seperti sembako dan buah-buahan.

“Perlengkapan seperti oxymeter, tabung oksigen, obat-obatan, vitamin, kami salurkan kepada mereka yang sedang isoman. Harapannya, supaya warga tetap optimis menghadapi wabah ini, kami peduli, kami bantu,” ujarnya.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan Patungan Solidaritas 50K bisa dilakukan dengan transfer ke nomor rekening Bank Mandiri 1570003227866 (Rulliyansyah) konfirmasi ke WhatsApp 0881024812313 (Onzo).

Posting Komentar

0 Komentar