Uhamka dan PP Aisyiyah Dorong Peningkatan Kualitas Guru PAUD dengan Pelatihan Riset


GHIRAHBELAJAR.COM - Uhamka dan PP Aisyiyah Dorong Peningkatan Kualitas Guru PAUD dengan Pelatihan Riset

JAWA TIMUR – Pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Timur dilakukan oleh LPPM Uhamka bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah berjalan baik dan lancar. Peserta yang terdiri atas guru TK dan KB ‘Aisyiyah yang hadir adalah utusan dari kab/kota yang ada di Jawa Timur dibatasi hanya 100 orang.

Tema yang diusung pada pelatihan kali ini “Meningkatkan Kompetensi Guru PAUD ‘Aisyiyah dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas”. Dengan kegiatan ini, diharapkan guru PAUD ‘Aisyiyah memiliki pemahaman yang benar dalam melakukan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang selanjutnya dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas PAUD ‘Aisyiyah di Jawa Timur

Penelitian tindakan kelas merupakan kegiatan yang dilakukan guru berdasarkan permasalahan yang ditemuinya dalam proses pembelajaran yang memerlukan pemecahannya dengan suatu Tindakan dalam bentuk pembelajaran pula. Tindakan tersebut berbeda dengan Tindakan pembelajaran sebelumnya dilihat dari sisi-sisi tertentu sesuai dengan ide, inovasi, dan kreativitas guru.

Pembelajaran yang biasa-biasa saja, konvensional akan ditinggalkan oleh zaman, kemajuan pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat harus diiringi dengan gerak cepat guru dalam melakukan perubahan dengan ide-ide dan inovasi-inovasi pembelajaran, sangat diperlukan pembaharuan metode, media dan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kekinian. PTK merupakan solusi dalam pemecahan masalah pembelajaran yang sangat mungkin dilakukan oleh para guru, termasuk guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Timur

Guru merupakan komponen vital dalam peningkatan mutu pembelajaran, kondisi peserta didik menjadi fokus perhatian guru dan sangat menentukan mutu Pendidikan. Peserta didik yang menjadi sasaran pembelajaran adalah individu yang dinamis, mereka memiliki potensi dengan karakteristiknya masing-masing.

Dalam proses pembelajaran, sangat banyak permasalahan yang ditemui para guru yang dapat dipecahkan dengan melakukan PTK. Guru yang peka dan memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas akan berinovasi dan berkreasi dengan berbagai cara dan metoda agar permasalahan pembelajan terpecahkan dan yang demikian itu merupakan PTK

PTK memiliki dampak multi, bagi guru akan terjadi pengembangan profesionalitas dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan kepercayaan diri guru meningkat. Bagi peserta didik pengetahuan dan keterampilannya semakin luas dan baik, atau perkembangannya semakin baik dan maksimal, hasil belajar menjadi meningkat. Bagi Lembaga akan mengalami perubahan, mengatasi berbagai masalah termasuk masalah konsep, persepsi dan pandangan sehingga iklim lembaga lebih kondusif.

Kegiatan dilaksanakan pada 22-27 Juli 2021 dengan metode daring menggunakan zoom meeting. Strateginya tatap muka via zoom 3 hari dan tugas mandiri 3 hari secara bergantian hari. Untuk mengukur capaian kegiatan dilakukan evaluasi melalui google form dan tugas penyusunan proposal PTK.

Hadir dalam kegiatan ini ketua majelis Dikdasmen PP ‘Aisyiyah Dra. Fitniwilis, M. Pd yang juga bertindak sebagai narasumber, hadir pula Ketua Majelis Dikdasmen PAW Jawa Timur Dra. Siti Asma, M. Pd dan beberapa pengurus Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah di Jawa Timur.

Posting Komentar

0 Komentar