Ulasan Buku Dialektika 30 cm Mengenal IMM




GHIRAHBELAJAR.COM - Buku Dialektika 30 cm Mengenal IMM (Irfani, 2021) merupakan catatan sejarah yang dikemas secara ringan mengenai sejarah IMM di FKK dan FKM Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Dengan penuturan langsung para kader sebagai pelaku sejarah, buku ini menghadirkan tidak hanya kronologi pemekaran dan pembentukan komisariat IMM di FKM UMJ. Melainkan juga menghadirkan percik-percik pikiran, gagasan, dan memoar yang melekat secara personal pada diri kader.

“Sejarah pasti akan berulang. Itulah ucapan yang sering kali kita dengar berkenaan dengan sejarah. Bukan hanya sekadar informasi, sejarah akan memberikan pembelajaran bagi pembacanya untuk menentukan langkah apa yang harus diambil di masa yang akan datang,” tutur Zahro Mufida, ketua PK IMM FKM UMJ dalam pengantarnya.

Bagi Zahro, sejarah merupakan urgensi aspek pengetahuan yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Terutama dalam memahami dan “mengenal” organisasi IMM, khususnya di FKM UMJ.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah khususnya di Komisariat Fakultas Kesehatan Masyarakat UMJ memang belum lama berdiri. Tersimpan banyak cerita di balik perjalanan itu sebelum akhirnya banyak orang yang mengenal “PK IMM FKM UMJ”.

Buku ini, meski tebalnya hanya 100-an halaman, merupakan catatan yang penting. Dan yang lebih penting adalah kesadaran para kadernya untuk menuliskan dan mengabadikannya menjadi buku yang perlu kita yakini ke depan bakal menjadi referensi penting, terutama untuk mengenal IMM FKM UMJ.

“Berangkat dari minimnya referensi terkait sejarah berdirinya PK IMM FKM UMJ, buku ini hadir sebagai wujud implementasi nilai yang ada dalam diri kader IMM. Kader memiliki peran strategis dalam ikatan karena wajah gerakan sebuah organisasi akan diwujudkan oleh kader-kader yang menggerakkan organisasi tersebut,” ujar Zahro.

Kendati begitu, buku ini tidak hanya terbatas pada mengupas sejarah berdirinya PK IMM FKM UMJ, buku ini juga mengangkat cerita dari berbagai sudut pandang kader IMM mengenai pengalamannya dalam ber-IMM. “Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa buku ini adalah karya terbaik Kader Ikatan FKM UMJ sepanjang PK IMM FKM UMJ berdiri,” kata Zahro.

Terdapat tiga bab dalam buku ini. Bab 1 atau Bagian 1 membahas mengenai “Sejarah Singkat Pemekaran FKK & FKM UMJ”. Pada bagian inilah terdapat timeline dan kronologi pemekaran. Kemudian Bagian 2 membahas tentang “Pengalaman Kader Semasa Ber-IMM”, pada bagian ini disajikan gagasan, kegiatan, dan memoar kader selama mengikuti IMM. Bagian 3 berisi “Perkenalan Singkat Kader IMM FKK & FKM UMJ” yang berisi profil pimpinan-pimpinan secara singkat dengan dibubuhi pesan penting bagi kader IMM di manapun berada.

Dengan diterbitkannya buku ini, Zahro berharap semoga kehadiran buku ini juga senantiasa akan meningkatkan motivasi teman-teman kader IMM untuk terus ber-fastabiqul khairat di manapun, kapan pun, dan kepada siapa pun.

Identitas Buku


Judul: Dialektika 30 cm Mengenal IMM
Penulis: Tim penulis PK IMM FKM UMJ
Ketua: Adipatra Kenaro; Anggota: Sri Malasari Dewi, Puspa Nujulla, Amira Mhuthia Adila, Haliqatul Zadidah, Ardimas Saputra, Alvian Ramadhan, Erna Martiyani, Eka Silfiani
Editor: Rani Khairunnisa
Layout: Riyan
Desain Sampul: Nanda Prianto
Penerbit: Semesta Irfani Mandiri
Cetakan I: Agustus 2021
Ukuran, tebal: 14x20 cm, vii + 93 halaman
ISBN: 978-623-97325-8-5

Posting Komentar

0 Komentar