Kabar Duka, Gunawan Maryanto Tutup Usia


 

GHIRAHBELAJAR.COM, YOGYAKARTA - Kabar duka kembali berembus. Kali ini, kabar dukacita datang dari pangung teater dan perfilman Tanah Air. Seniman dan aktor Teater Garasi, Gunawan Maryanto, mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (6/10) malam.

Dilansir Suara.com, pria yang pernah memerankan karakter Wiji Thukul dalam film Istirahatlah Kata-Kata itu meninggal sekitar pukul 20.00 WIB. Gunawan mengembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Ludiro Husodo, Yogyakarta.

"Karena serangan jantung," demikian keterangan diterima Suara.com. Sebelum dibawa ke rumah sakit, Gunawan sempat rapat di Teater Garasi. Kemudian, dia muntah hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Menurut kabar, pihak keluarga masih membicarakan tentang di mana jenazah Gunawan Maryanto akan dimakamkan. "Perihal pemakaman dan lain-lain sedang dibicarakan bersama keluarga," katanya, dikutip dari Suara.com, Rabu (6/10).



Penghargaan


Dikutip dari Viva.co, pada 2020, pria yang akrab disapa Candhil itu berhasil meraih penghargaan Festival Film Indonesia (FFI). Dia meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah).

Selain itu, dia juga merupakan seorang seniman multitalenta. Selain menjadi penulis skenario drama dan menjadi sutradara, ia juga menulis karya-karya sastra antara lain adalah puisi, cerpen, dan kritik sastra.

Pria kelahiran Yogyakarta, 10 April 1976, itu juga dikenal sebagai seorang penulis dan sutradara teater. Karya-karyanya telah dipentaskan di berbagai negara. Gunawan maryanto juga menerima hibah seni dari Yayasan Kelola dan memenangi sejumlah kompetisi.

Pada 2017, misalnya, Gunawan Maryanto memenangi penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film Istirahatlah Kata-Kata. Di film itu, ia berperan sebagai Wiji Thukul.

Posting Komentar

0 Komentar