Mahasiswa Baru FKIP Uhamka Didorong Kreatif dan Kritis


 

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menggelar Pekan Taaruf untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Pekan taaruf di tingkat fakultas ini berlangsung selama dua hari, yakni pada Selasa (21/9) dan Rabu (22/9). Kegiatan berlangsung secara virtual melalui media Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube. Mahasiswa baru FKIP Uhamka yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 913 orang.



Dalam sesi pemaparan materi, Wakil Dekan III FKIP Uhamka Drs Hari Naredi MPd menjelaskan bahwa sebagai mahasiswa harus membawa perubahan karena sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dari mahasiswa itu sendiri. Menurut Hari, kuliah bukanlah untuk mencari ijazah belaka. Kuliah, kata dia, adalah ajang untuk mengembangkan minat dan bakat. Proses kuliah selama empat tahun, menurut dia, mesti dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi diri.



“Di abad 21 ini, yang bisa survive, bisa bertahan adalah anak yang punya kreativitas yang tinggi,” ujarnya. Menurut Hari, kreativitas itu dibutuhkan untuk memberikan solusi dan menjadikan dunia lebih baik. Selain itu, kata dia, mahasiswa zaman sekarang juga mesti mampu berpikir kritis untuk menghasilkan solusi atas problem yang terjadi di hadapannya.



Sementara itu, Ketua Umum PK IMM FKIP Uhamka, Wardah Samiah, mengungkapkan bahwa mahasiswa saat ini memiliki semangat sebagai agen perubahan di era Society 5.0. “Setidaknya mereka mewarisi semangat Hamka muda, baik dalam semangat menuntut ilmu, memantaskan diri sebagai agen of change di era society 5.0 dan menumbuhkan sekaligus merealisasikan gagasan sebagai bentuk kesadaran kaum intelektual,” ujar Wardah.

Selain itu, Wardah juga mengatakan sebagai salah satu simpul dari mata rantai pergerakan dakwah Muhammadiyah, IMM FKIP Uhamka siap mewadahi seluruh Hamka muda dalam ranah religiusitas, intelektualitas, dan humanitas. (sho)

 

Posting Komentar

1 Komentar