Mahasiswa PGSD Uhamka Magang di SDN Batu Ampar 12 Pagi



GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Dalam rangka membangun landasan jati diri seorang pendidik, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 1 untuk mahasiswanya. Dalam program ini, mahasiswa akan menjalani proses pengamatan dan pemagangan yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan di sekolah.

Program PLP 1 Prodi PGSD Uhamka kali ini dilaksanakan di SDN Batu Ampar 12 Pagi pada 23 September-4 Oktober 2021. Kelompok PLP yang dibimbing oleh Dita Prihatna Wati SPd MPd ini beranggotakan Shofi Amalia Dwi Nastiti, Nabilah Ananda Putri, Sahla Weny Triannisa, Maria Indriastuti, Rahma Aulia Azzahra, dan Ananda Kurnia Cipta.

Ketua Kelompok PLP 1 Prodi PGSD, Shofi Amalia Dwi Nastiti, menjelaskan bahwa SDN Batu Ampar 12 Pagi terletak di Jalan Batu Ampar III, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Sekolah ini, kata Shofi, merupakan sekolah yang berakreditasi A dan mempuyai berbagai prestasi yang luar biasa, baik itu di bidang akademik maupun nonakademik.

“Di SDN Batu Ampar 12 Pagi juga terdapat banyak lulusan dari Uhamka yang sudah mengajar, hal tersebut menunjukkan keberhasilan kampus Uhamka dalam mencetak generasi yang unggul,” ujarnya dalam rilis kepada awak media, Senin (27/9).

Dia juga menjelaskan, PLP 1 dilaksanakan selama masa pandemi covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Di SDN Batu Ampar 12 Pagi, Shofi mengatakan, masih menerapkan pembelajaran secara daring, tapi ada beberapa siswa yang melaksanakan pembelajaran secara luring, yaitu bagi para siswa berkebutuhan khusus yang perlu penanganan khusus dari pihak sekolah, tak lupa juga dengan menerapkan prokes.

Sementara itu, Kepala SDN Batu Ampar 12 Pagi, Elya Emaris MPd menjelaskan bahwa kegiatan praktik pembiasaan juga masih dilaksanakan selama pembelajaran daring, namun secara virtual.

“Meskipun pembelajaran dilakukan secara daring, kegiatan praktik-praktik pembiasaan tetap berjalan dengan baik secara virtual. Kegiatan tersebut antara lain, upacara bendera, senam bersama, kegiatan pramuka, kegiatan literasi, doa dan yasinan bersama, sholat dhuha sebelum pembelajaran dimulai pada hari Jumat,” ungkapnya, Senin (27/9).

Menurut Elya, praktik-praktik pembiasaan tersebut sangat penting dilaksanakan untuk menumbuhkan kedisiplinan serta menumbuhkan minat dan bakat siswa. Tolak ukur keberhasilan dari pembiasaan tersebut adalah dengan melihat banyaknya siswa yang mengikuti kegiatan tersebut dengan penuh semangat.

Walaupun kondisi pembelajaran dilakukan secara daring, kata dia, tidak menjadi halangan untuk tetap melaksanakan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan tersebut. “Adanya kegiatan PLP 1 ini kita dapat mengetahui bahwa SDN Batu Ampar 12 Pagi ini tetap melakukan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan guna mencapai tujuan yang positif bagi para peserta didik,” ujarnya.

Dokumentasi:





Posting Komentar

1 Komentar