Mahasiswi Uhamka Laksanakan PLP1 di SDN Kebon Baru 03 Pagi


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka tahun 2021 berbeda dari PLP tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan di seluruh dunia termasuk Indonesia sedang terdampak wabah Covid-19 yang mengakibatkan seluruh kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dari rumah dan dilakukan secara daring (dalam jaringan).

Oleh sebab itu, PLP 1 tahun 2021 tetap dilakukan secara luring (luar jaringan) dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mengurangi angka penyebaran Covid-19. Dengan cara memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum kegiatan dilaksanakan aktivitas yang wajib dijalankan.

Kegiatan PLP 1 adalah kegiatan wajib yang dilakukan mahasiswa FKIP ketika menempuh semester 5. PLP 1 memiliki bobot 1 SKS dan perannya signifikan bagi indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa. Lokasi PLP 1 ditentukan oleh Kelompok Mahasiswa. Panitia memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan PLP 1 secara kelompok atau individu dan tentu saja di lokasi atau instansi yang dekat dan terjangkau dari wilayah rumah masing-masing mahasiswa. Dan kegiatan PLP 1 ini dilaksanakan selama 13 hari, dimulai pada 23 September 2021 dan berakhir pada 4 Oktober 2021.

PLP 1 adalah tahapan pertama dalam kegiatan pengenalan lapangan persekolahan yang dimana mahasiswa akan menjalani proses observasi dan melakukan wawancara bersama kepala sekolah dan salah satu guru untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pendidikan



Tujuan PLP 1 ini untuk menumbuhkan jati diri seorang pendidik melalui beberapa kegiatan disekolah dengan melakukan pengamatan observasi dan melakukan wawancara mengenai karakteristik siswa, struktur organisasi dan tata kelola sekolah, peraturan dan tata tertib, kegiatan ceremonial dan formal, kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, dan yang terakhir praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif disekolah. Pelaksanaan PLP I dapat memberikan manfaat positif bagi para mahasiswa melalui kegiatan edukasi ini mahasiswa akan merasakan langsung dinamika yang terjadi dalam kehidupan sekolah.

Dokumentasi







Posting Komentar

0 Komentar