Nakhoda Baru DPP IMM: Gagasan Futuristik demi Kemajuan IMM


KENDARI – Musyawarah nasional atau Muktamar XXIX IMM telah dihelat di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis-Sabtu (21-23/10). Muktamar IMM kali ini menghadirkan tiga calon ketua umum, yaitu Riyan Betra Delza asal Sumatra Barat, Muhammad Huda Prayoga asal DKI Jakarta, dan Abdul Musawir Yahya asal Jawa Timur.

Pada hari kedua, Riyan memilih untuk mengundurkan diri dari bursa pencalonan dan mendukung Abdul sebagai calon ketua umum IMM periode 2021-2023. Perhelatan muktamar ini berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dengan peserta muktamar berjumlah 451 orang dari 34 provinsi di Indonesia.

Setelah melalui proses pemilihan secara demokratis, Abdul Musawir Yahya terpilih menjadi ketua umum dengan jumlah suara sebanyak 338 yang berasal dari 28 DPD IMM se-Indonesia. Abdul berhasil mengalahkan Huda yang hanya memperoleh 102 suara. Selain itu, juga telah terpilih Zaki Nugraha sebagai sekretaris jendral dan Riyan Betra Delza sebagai bendahara umum DPP IMM 2021-2023.

Sebagai ketua umum terpilih, Abdul menyampaikan tiga aspek yang dinilai masih harus diperkuat pada kader IMM, yaitu aspek pendidikan, aspek ekonomi, dan pembangunan politik. Sebagaimana layaknya muktamar, setiap calon dituntut untuk membawa gagasan-gagasan yang futuristik demi kemajuan IMM ke depan.

Di aspek pendidikan, Abdul mengatakan, akan memperkuat kompetensi bahasa Inggris kader melalui program Djazman English Scholarship (DES) agar kader-kader IMM lebih mudah mengakses dan meraih beasiswa ke luar negeri.

Abdul mengatakan, yang kedua adalah aspek ekonomi, yaitu penguatan gerakan kader dalam bidang ekonomi dengan program UMKM. “Kemandirian secara ekonomi adalah kunci gerakan yang independen dan tidak tunduk kepada para pemodal, yang memungkinkan menyetir gerakan kita,” ujarnya.

Sementara dalam bidang politik, Abdul lebih menekankan pada pendiasporaan kader di berbagai bidang sebagai wujud implementasi kader kebangsaan yang dimiliki oleh Muhammadiyah. "IMM harus berkonsetrasi pada tiga aspek ini agar IMM memiliki wajah yang jelas dalam membangun sumber daya manusia yang dimiliki oleh IMM," kata pemuda yang juga asli Gowa ini, Sabtu (23/10).

Di saat penutupan acara, kader-kader IMM yang diwakili oleh ketua DPD IMM se-Indonesia memberikan apresiasi kepada Najih Prastyo sebagai ketua umum DPP IMM 2018-2021 karena kontribusi yang sangat besar bagi IMM, apalagi di tengah kondisi pandemi yang menyerang berbagai sektor, termasuk perkaderan IMM.

Kinerja Najih juga sangat diapresiasi oleh kader IMM yang dibuktikan dengan diterimanya Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh DPD IMM se-Indonesia.

"Saya sebagai ketua umum DPP IMM mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tum Najih Prastyo karena telah menjaga nama baik IMM dan bekerja keras untuk kemajuan IMM," ucap Abdul Musawir Yahya, Sabtu (23/10).

Berikut nama-nama 12 formatur terpilih DPP IMM periode 2021-2023: Abdullah S. Toda, Zaki Nugraha, Tri Laksono, Ryan Betra Delza, Tati, Muhammad Zaki Mubarak, Marsono, Siti Aminah, Dolly Ichsan, Muhammad Habibi, Ikbal Hafsari, dan Rimbo Bugis.

Posting Komentar

0 Komentar