JMPD Ajak Anak Muda Salurkan Gagasan Politik dan Demokrasi


GHIRAHBELAJAR.COM, BEKASI – Jaringan Muda Politik dan Demokrasi Indonesia (JMPD Indonesia) melakukan soft launching pada Rabu (3/11) di Kota Bekasi, Jawa Barat, secara luring. Dengan adanya soft launching ini, secara resmi JMPD Indonesia terbentuk dan siap terjun ke masyarakat dalam rangka melakukan edukasi politik dan kepemiluan di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rilis kepada GhirahBelajar disebutkan, dibentuknya JMPD Indonesia diharapkan menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya anak-anak muda untuk melek politik, demokrasi, dan kebijakan publik. Selain itu, JMPD Indonesia diharapkan menjadi jawaban atas persoalan demokrasi yang ada di Indonesia, lalu mendorong para pemangku kebijakan untuk menerbitkan produk-produk kebijakan publik yang pro terhadap masyarakat.

Dalam rilis tersebut juga diterangkan, JMPD Indonesia memiliki beberapa fokus isu di antaranya isu politik dan kebijakan publik, isu kepemiluan, pendidikan pemilih, pemantauan pemilu dan kebijakan publik, kajian dan penelitian, serta media informasi.

Lembaga ini bertujuan untuk menjadi rumah yang nyaman bagi seluruh elemen masyarakat khususnya anak-anak muda untuk berkarya dan menyusun ide kreatif dalam penguatan nilai luhur demokrasi agar terciptanya kepemimpinan yang berkeadilan dan menegakan prinsip demokrasi serta mewujudkan pemilu yang berkualitas.

“Selain itu, membentuk sumber daya yang berkualitas, berwawasan luas, cerdas, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui proses demokrasi yang maju dan modern sehingga bangsa Indonesia bisa menjadi bangsa yang berkemajuan. Asas gerakan kami adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tulis rilis JPMD, Rabu (3/11).

JMPD Indonesia dipimpin oleh Ikhwan Ridha Wilti atau Edo sebagai direktur. Edo merupakan seorang pengamat kebijakan publik, politik, pendidikan, dan kesehatan serta akademisi yang sudah berpengalaman di dunia politik. Edo didampingi Fathin Robbani Sukmana sebagai sekretaris yang dikenal sebagai pengamat isu kebijakan publik serta penulis yang sering menanggapi isu politik, demokrasi dan kebijakan publik.

JMPD Indonesia juga diisi oleh anak-anak muda yang memiliki kompetensi dan tekad kuat untuk terus memproduksi gagasan konstruktif dan kritis dalam merespons kebijakan publik.

Di bawah kepemimpinan Ikhwan, JMPD Indonesia berkomitmen untuk mewadahi seluruh gagasan dari elemen masyarakat tanpa memandang ras, suku, agama, serta elemen-elemen lainya. Selain itu, JMPD siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua stakeholder dan elemen masyarakat yang berkomitmen dalam menjaga keutuhan demokrasi di Indonesia.

Dalam waktu dekat, Edo dan seluruh tim JMPD Indonesia akan melaksanakan program-program inovatif dan kreatif untuk mempersiapkan anak-anak muda yang minat dalam bidang politik, demokrasi, kebijakan publik, dan kepemiluan menuju 2024. Selain itu, Edo juga menegaskan JMPD Indonesia akan tetap berkomitmen sebagai lembaga masyarakat sipil yang transparan dan akuntabel.

“JMPD juga mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya anak-anak muda, untuk terus berjuang melaksanakan amanat UUD 1945 dan membangun Indonesia menjadi negara maju, modern dari berbagai sektor,” ujar Edo, Rabu (3/11).

Posting Komentar

0 Komentar