Menumbuhkan Minat Baca, Begini Caranya!


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Suhari Muhammad Sengaji

Membaca akan menambah wawasan dan bisa mengubah pola hidup kita secara total. Ada pepatah mengatakan “membaca adalah jendela dunia” artinya apa? Artinya, jika kita ingin melihat dunia luar, kita harus sering-sering membaca. Jika kita ingin mengetahui segala sesuatu, kita harus rajin-rajin membaca.

Harus kita sadari bahwa manfaat dari membaca ini sangatlah banyak, diantaranya adalah menambah wawasan dan pengetahuan kita, dapat memperluas pikiran, dapat meningkatkan hubungan sosial, dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi kita dalam mempelajari sesuatu dan masih banyak lagi.

Membaca sangat penting bagi semua orang, membaca juga memiliki banyak sekali manfaat, dengan membaca kita dapat memperoleh informasi seta pengetahuan, semakin banyak membaca maka semakin banyak juga pengetahuan yang didapat. Untuk itu sudah seharusnya sebagai generasi milenial meningkatkan minat baca agar bisa menambah wawasan yang luas serta mengetahui perkembangan yang terjadi saat ini dengan membaca buku.

Pada zaman dulu orang-orang menggunakan perpustakaan sebagai tempat belajar dalam mengerjakan tugas, perpustakaan memiliki peran sebagai lembaga pendidikan nonformal yang dapat memberi kesempatan kelangsungan Pendidikan. akan tetapi zaman semakin hari semakin berubah yang membuat fungsi dari perpustakan sekarang jauh berbeda dengan perpustakaan sebelumnya. Para siswa sekarang lebih cenderung menggunakan internet dalam belajar dan megerjakan tugas, dari pada mereka harus mencari buku diperpustakaan.

Di zaman yang serba teknologi ini, begitu banyak media yang memberikan ilmu-ilmu ataupun informasi, baik itu internet, koran, majalah dan berbagai media lainnya, tinggal kita sendiri yang memilih mana informasi yang bermanfaat bagi kita dan mana informasi yang tidak bermanfaat bagi kita, mana yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kita dan mana yang tidak beguna bagi kehidupan kita. untuk bisa mengetahui atau memahami ilmu atau informasi tersebut kita harus memperbanyak membaca. Dan dengan membaca kita bisa mengimplementasikan informasi tersebut kedalam kehidupan kita sehari-hari.

Di Indonesia banyak masyarakat yang belum menyadari akan penting membaca, UNESCO menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001 persen. Artinya, dari 1.000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Minimnya minat baca merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Berbagai upaya harus terus diperjuangkan untuk meningkatkan budaya baca di masyarakat. Bukan hanya pada remaja saja yang diharuskan untuk membaca, tetapi seluruh masyakat harus menumbuhkan minat baca pada dirinya masing-masing, agar kita tidak mudah menerima informasi mentah-mentah atau menerima berita-berita hoaks.

Di Indonesia masih ada faktor yang menghambat untuk melakukan kegiatan tersebut. Masyarakat yang terpencil yang belum bisa memasukkan anaknya sekolah, sehingga anak tersebut belum bisa mulai menumbuhkan minaat baca pada dirinya.

Minat membaca pada remaja saat ini sangatlah rendah, padahal begitu banyaknya manfaat yang kita dapatkan dari membaca. berkembangnya teknologi menjadi salah satu penyebab penghambat menumbuhkan minat baca pada remaja, banyak remaja yang salah dalam menggunakan teknologi, mereka lebih cenderung untuk bermain gim dan lain sebagainya ketimbang membaca informasi atau ilmu-ilmu yang ada pada internet.

Lingkungan memiliki peran yang cukup penting dalam menumbuhkan minat baca pada seorang remaja, lingkungan tersebut harus memiliki orang-orang yang bisa memotifasi dengan cara menyampaikana betapa pentingnya membaca, agar minat baca itu bisa tumbuh dengan sendirinya pada seorang remaja.

Orang tua juga memiliki peran yang penting dalam menumbuhkan minat membaca pada seorang anak, maka dari itu orang tua juga harus membaca saat berada dirumah agar memicu putra putrinya untuk mengikuti jejak mereka. Berbagai macam jenis buku, jika anak membaca buku-buku yang bermutu, dapat berdampak pada sikap dan prilaku mereka dan jika setiap individu menyadari akan pentingnya membaca buku tentunya buku-buku yang berkualitas akan mengiringi generasi-generasi milenial sebagai hobi dan menjadikaan buku sebagai kebutuhan pokok.

Melatih anak untuk membaca pada anak usia dini adalah salah satu cara untuk menumbuhkan minat membaca pada seseorang. Sebab, yang ia lakukan saat ini akan menjadi kebiasaan ketika ia tumbuh dewasa. Dalam hal ini peranan orang tua sangat menentukan bagi pertumbuhan minat baca anak sejak dini dalam meningkatkan disiplin belajar di rumah. Budaya membaca yang baik dapat membentuk kepribadian individu dalam menghayati kehidupan maka dari itu perlu adanya melatih anak untuk membaca pada usia dini.

Dengan perkembangan teknologi sudah sangat memfasilitasi dalam bidang apapun termasuk dalam bidang membaca, sehingga memudahkan manusia pada umumnya untuk mencari informasi dan menambah wawasan. Remaja pada umumnya bisa membaca menggunaka gadget, karena disana kita bisa mengakses ilmu-ilmu ataupun informasi-informasi penting lainnya. Hal ini mempunyai tujuan baik untuk mengingatkan setiap orang agar dapat mengantisipasi dunia yang sangat cepat berubah ini.

Posting Komentar

0 Komentar