Uhamka Berikan Edukasi Tanaman Herbal untuk Penyakit Jantung




GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Program Studi Teknik Kardiovaskuler (Prodi TKV), Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FK Uhamka) bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah Jakarta Timur (PDA Jaktim) mengadakan seminar kesehatan mengenai “Pengenalan Tanaman Herbal Sebagai Pencegahan Penyakit Jantung Koroner”, Sabtu (6/11).

Perwakilan Prodi TKV Uhamka menyatakan dalam sambutannya bahwa acara ini merupakan upaya dosen-dosen Prodi TKV Uhamka untuk menghilirisasi pengetahuan agar perguruan tinggi tidak lagi menjadi menara gading yang jauh digapai dan tidak memberikan kebermanfaatan yang nyata bagi masyarakat.

Senada dengan pernyataan tersebut, acara ini nyatanya merupakan kelanjutan dari acara serupa yang dilakukan pada semester sebelumnya, di mana PDA Jaktim mengharapkan adanya keberlanjutan program penyuluhan atau edukasi bagi masyarakat khususnya Aisyiyah mengenai kesehatan.

Narasumber dr Muhammad Zaim Sp FK merupakan pakar dalam bidang farmakologi klinis, di mana salah satu subbidangnya adalah obat-obatan herbal. Dia menjelaskan, sesuai Peraturan Ka. BPOM RI No. HK.00.05.41.1384 Pasal 1- Tahun 2005, bahan herbal terbagi dalam tiga kategori yaitu obat tradisional, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka. “Di mana yang membedakan ketiga kategori tersebut adalah ada atau tidaknya penelitian terstandar mengenai suatau bahan herbal,” ujarnya.

Beberapa bahan herbal yang sudah dikategorikan sebagai obat herbal terstandar dikarenakan sudah dilakukan uji preklinik pada bahan tersebut adalah kunyit, jahe, dan kayumanis sebagai pencegah terjadinya penggumpalan darah; serta bawang putih dan seledri sebagai antihipertensi.

Kegiatan ini dilakukan secara daring dan dihadiri oleh 33 peserta dari perwakilan seluruh cabang PDA Jaktim. Para peserta sangat antusias pada tema seminar kali ini, terlihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi. hal ini dapat dimaklumi, dimana herbal adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan dan kebiasaan masyarakat Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar