LPPM Uhamka Pantau Pendampingan Eduekowisata di Desa Gekbrong


GHIRAHBELAJAR.COM, CIANJUR – Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka melakukan monitoring dan evaluasi kepada tim pengabdian Masyarakat yang diketuai oleh Ibu Dr. Lelly Qodariah, M.Pd yang bertajuk “Pendampingan Kegiatan Eduekowisata Melalui Potensi Alam Curug Go’ong dan Kawasan Konservasi di Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat”, Senin (20/12). Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan untuk memantau progres pelaksanaan pengabdian masyarakat di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur.

Tim monitoring dan evaluasi LPPM Uhamka diketuai oleh apt. Ari Widayanti, S.Si, M.Farm dan Baharudin, S.E dari biro keuangan. Ari Widayanti menuturkan, monitoring ini merupakan bagian dari kontrol kualitas pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan oleh tim Uhamka. “Hasil monitoring dan evaluasi akan menjadi catatan perbaikan untuk kami LPPM sebagai Lembaga yang memfasilitasi kegiatan ini. Tim monev dari biro keuangan juga memantau terkait pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh tim pengmas di lapangan,” ujar Ari, Senin (20/12).

Kegiatan monitoring dan evaluasi diawali dengan paparan oleh ketua tim pelaksana terkait progres dan hasil kegiatan pengabdian masyarakat selama 13-22 Desember 2021. Lelly menuturkan, pendampingan kegiatan eduekowisata di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, ini sudah menyelesaikan program edukasi melalui pelatihan-pelatihan yang mendukung kegiatan ekowisata.

“Program-program kegiatan eduekowisata yang dicanangkan meliputi kegatan eduwisata dan ekowisata. Kegiatan eduwisata berupa pelatihan Pendidikan konservasi, pelatihan pembuatan website Curug Goong, dan pelatihan Local Guide. Kegiatan ekowisata terfokus pada pembuatan jalan menuju ke Curug Goong, perbaikan tiga homestay, pembuatan spot selfie I Love Gekbrong, dan pembuatan website sebagai media promosi,” ungkap Lelly.

Kegiatan monitoring dan evaluasi juga disertai dengan prosesi penyerahan Berita Acara Serah Terima (BAST) antara tim pelaksana kepada pihak desa. Monitoring ini diikuti oleh tim pelaksana pengabdian, mahasiswa, warga setempat, dan pejabat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang diwakili oleh Johanes Wiharisno selaku Kepala Seksi PTN Wilayah II Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kepada UHAMKA dan tim pengabdian.

“Karena sudah melakukan terobosan baru untuk mendukung terwujudnya Desa Gekbrong khususnya Kampung Tabrik sebagai kampung eduekowisata dengan fokus utama pada perbaikan infrastruktur seperti pembuatan akses jalan ke Curug Goong,” ujarnya.

Johanes juga menambahkan besar harapan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango agar Kerjasama seperti ini terus berlanjut.

Posting Komentar

0 Komentar