Tim Pengabdian Uhamka Edukasi Taman Baca dan Jajan Sehat


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Tim pengabdian yang terdiri atas dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi Uhamka melaksanakan kegiatan pengabdian lanjutan di Cileungsi pada Ahad (12/12). Pengabdian ini digelar dengan mengusung tema “Pengelolaan Taman Baca dan Penyuluhan tentang Jajanan Sehat”. Kegiatan pengabdian dilakukan di Taman Baca Blok E RT. 005 RW 013 Pasir Angin, Cilengsi, Jawa Barat, secara luring (offline).

Kegiatan diawali dengan lomba mewarnai untuk anak-anak taman baca dan lebih dari 20 anak berpartisipasi dalam acara tersebut. Lomba mewarnai dilanjutkan dengan acara pembukaan. Dalam sambutannya, Deni selaku perwakilan dari RT memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas support yang telah diberikan Uhamka. “Mulai dari bantuan saat pandemi covid, Taman Baca Anak dan kegiatan lainnya di lingkungan ini,” ungkap Deni, Ahad (12/12).

Sebelumnya, pada Juli 2021, tim pengabdian juga telah melakukan kegiatan pengabdian dengan tema “Pembentukan Taman Baca dan Edukasi Health Literacy”. Sejak Agustus 2021, Taman Baca Anak Blok E resmi dibuka untuk umum dengan jadwal operasi setiap hari Sabtu dan Ahad pukul 16.00 -17.30. Pengurus taman baca adalah ibu-ibu di lingkungan RT 005 RW 13 Desa Pasir Angin. Kegiatan pengabdian pengelolaan taman baca merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya.

Mas’ud Syaiful, S.IP. pustakawan Farmasi Uhamka, bertindak sebagai mentor dalam pelatihan pengelolaan taman baca. Kegiatan ini diikuti oleh pengurus taman baca, yaitu sekitar lima orang. Dari hasil pengamatan mentor dan diskusi dengan pengurus taman baca, Syaiful menuturkan, ada beberapa hal yang perlu dibentuk di taman baca, yaitu kepengurusan yang terorganisir, nomor panggil buku dan stempel koleksi taman baca.

“Untuk membuat nomor panggil ada ketentuannya begitu juga penomoran bukunya,” kata Syaiful. Ibu-ibu dengan mudah memahami paparan mentor, kata dia, karena langsung dipraktikkan membuat nomor panggil beberapa buku dengan menggunakan software yang telah disiapkan oleh mentor. “Membuat daftar keanggotaan di taman baca juga penting,” sambungnya.

Materi tentang jajanan sehat disampaikan oleh Fildzah Badzlina, S.Gz., M.K.M. Dia menyampaikan tentang pentingnya gizi seimbang, terutama pada anak-anak, dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih makanan. “Batasi fast food, minuman berwarna, makanan ringan, gula, garam, dan perbanyak konsumsi makanan tinggi serat,” ujarnya.

Antusias peserta cukup tinggi, terlihat pada saat sesi tanya jawab peserta aktif bertanya. Kegiatan diakhiri dengan pembagian hadiah untuk pemenang lomba mewarnai anak dan doorprize untuk peserta kegiatan. “Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi kami, jika ada kesempatan di lain waktu boleh dilaksanakan lagi kegiatan sejenis,” komentar salah satu peserta. (ahm)



Posting Komentar

0 Komentar