Tingkatkan Kenyamanan, Uhamka Perbaiki Homestay di Kawasan Wisata Gekbrong


GHIRAHBELAJAR.COM, CIANJUR – Sebagai upaya meningkatkan kenyamanan bagi wisatawan dalam beristirahat ketika berwisata di beberapa spot di Desa Gekbrong, tim pengabdian masyarakat UHAMKA melakukan kegiatan pembuatan serta perbaikan homestay di kawasan wisata tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kegiatan eduekowisata yang terletak di Kampung Tabrik, Desa Gekbrong, Cianjur, Jawa Barat.

Dalam rangka hibah pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian Kemendikbudristek tahun 2021. Kegiatan dilakukan pada 13-22 Desember 2021 di Desa Gekbrong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dengan beberapa tim pelaksana yang terlibat yang terdiri dari Dr. Lelly Qodariah, M.Pd, Agus Pambudi Dharma, M.Si, Sri Lestari Handayani, M.Pd, serta Prima Mutia Sari, M.Pd.

Salah satu anggota tim pengabdian Uhamka, Sri Lestari Handayani, mengungkapkan, dalam pelaksanaannya beberapa rumah yang dijadikan homestay, yakni tiga rumah warga setempat yaitu rumah Bapak Sayo, Bapak Ucup, dan Bapak Dedi. Hal-hal yang dilakukan oleh tim pelaksana dari Uhamka yaitu melakukan survei bagian toilet rumah warga yang akan dijadikan homestay.

“Setelah melakukan survei, terlihat kondisi yang masih kurang baik dari toilet tersebut. Kemudian dilakukan perencanaan perbaikan, dan yang terakhir melakukan proses perbaikan dan pembangunan toilet, yang dibantu beberapa pekerja ahli dalam bidang pembangunan,” ujar Sri, Selasa (21/12).

Dengan dilakukannya perbaikan ini, ketua pelaksana sekaligus warek III Uhamka, Lelly Qodariah, berharap kegiatan ini bisa menambah kenyamanan para pengunjung. Misalnya, kata dia, toilet yang digunakan di homestay agar lebih layak, bersih, serta nyaman ketika digunakan pengunjung.

Proses perbaikan toilet di salah satu homestay. (dok. uhamka)

 

Di sisi lain, dia menjelaskan, jika dilihat dari segi perekonomian hal tersebut mampu meningkatkan perekonomian warga, karena dengan adanya homestay yang layak, nyaman, dan aman, menjadikan pengunjung lebih senang berlama-lama untuk berkunjung dan kembali berkunjung. “Ini berbanding lurus, pada akhirnya banyak yang membeli dagangan mereka. Selain itu dengan adanya homestay mampu meningkatkan pendapatan serta memepercepat pemerataan pendapat masyarakat,” ungkap Lelly.

Tema kegiatan dalam program ini yaitu, “Pendampingan Kegiatan Eduekowisata Melalui Potensi Alam Curug Go’ong dan Kawasan Konservasi di Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jawa Barat”. Sejalan dengan tema yang diusung, dari kegiatan perbaikan homestay ini pun secara sosial memiliki dampak yang cukup signifikan. Ketika wisatawan menjadi lebih sering berinteraksi dengan warga karena sering berkunjung, sehingga peluang untuk dapat mempelajari kebudayaan setempatpun jauh lebih besar. (nis)

Posting Komentar

0 Komentar