Unik, Pengabdian Uhamka Sulap Sisik Ikan Jadi Gelatin Halal


GHIRAHBELAJAR.COM, BEKASI – Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menerjunkan timnya untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat kali ini dilakukan dengan edukasi mengenai pemanfaatan limbah sisik ikan sebagai gelatin halal menjadi kembang gula jelly. Hal itu dinilai dapat meningkatkan perekonomian warga Margahayu, Bekasi Timur.

Program pengabdian masyarakat yang digelar tiga hari pada Kamis (16/12), Sabtu (18/12), dan Ahad (19/12) ini merupakan salah satu program hibah dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Peserta pengabdian ini terdiri atas ibu-ibu PKK, karang taruna, unit posyandu, serta KPM PKH RW 11 Margahayu, Bekasi Timur. Adapun tim yang terjun dalam kegiatan ini yaitu ketua tim Dr Zulpahmi SE MSi dan anggota tim terdiri atas Dr apt Hariyanti MSi dan Merina MPd.

Zulpahmi yang juga dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka sekaligus ketua pelaksana kegiatan ini menjelaskan pengabdian masyarakat ini terdiri atas berbagai rangkaian.

“Kegiatan workshop akan dilaksanakn selama tiga hari (Kamis-Ahad). Kegiatan dimulai pada kamis hari ini dengan penyampaian materi proses pembuatan gelatin halal dari limbah sisik ikan, di hari Sabtu ada serah terima barang hibah dari Tim Pengmas Uhamka kepada Kelurahan Margahayu selaku mitra. Selain itu akan ada penaatan ruang yang selama ini masih belum dimanfaatkan,” kata Zulpahmi, Senin (20/12).

Hendrik Kurniawan SE selaku ketua RW 11 Margahayu dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat Margahayu.

“Dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Uhamka ini, tentunya kita mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan peluang usaha oleh warga, guna membantu perekonomian rumah tangga masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sambutannnya, Prof Abdurrahman H Ghani selaku Wakil Rektor I Uhamka mengucapkan terima kasih kepada Kelurahan Margahayu selaku mitra Pengabdian Masyarakat Uhamka.

“Pada kesempatan ini, saya menyampiakan rasa terima kasih atas terlaksananya kegitan PKM ini dengan dukungan sinergi yang terjalin antara tim Uhamka dengan warga sekitar diharapkan kegiatan ini akan terlaksana dengan baik. Kami berharap PKM dapat memberikan manfaat bagi semuanya, selain hanya memberikan pengajaran dan penelitian,” katanya.

Selain itu, sebagai bentuk dari rangkaian pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka juga memberikan bantuan berupa alat-alat yang mendukung tindak lanjut workshop yang sudah dilaksanakan selama tiga hari. Perlengkapan pendukung tersebut mulai dari kulkas, digital display, oven, thermogun, ice cooola, dan beberapa alat lainnya.

Selain itu, Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka juga memberikan hibah kepada Kelurahan Margahayu dalam bentuk pembenahan sarana pendukung yang pada gedung serbaguna RW Margahayu.

Posting Komentar

0 Komentar