PBSI Uhamka Dorong Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi


GHIRRAHBELAJAR,COM, JAKARTA - Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Uhamka menyelenggarakan kegiatan pelatihan menulis artikel ilmiah untuk jurnal terakreditasi pada Selasa (28/12). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkam mahasiswa agar dapat lulus dengan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitiannya di jurnal nasional terakreditasi.

Sejak tahun akademik 2020/2021, PBSI FKIP Uhamka telah mengimplementasikan kurikulum ini. Mahasiswa yang berhasil publikasi di jurnal terakreditasi Sinta akan otomatis mendapatkan nilai A untuk mata kuliah skripsi. Dengan adanya pilihan ini, mahasiswa dapat menentukan tugas akhir yang sesuai dengan kapasitas kemampuan mahasiswa.

“Menerbitkan artikel di jurnal nasional terakreditasi tidaklah mudah. Perlu kualitas yang baik agar dapat diterima,” tutur ketua Prima Gusti Yanti, ketua program studi PBSI FKIP Uhamka. Untuk itu, kata dia, pihaknya menyelenggarakan pelatihan menulis artikel ilmiah.

Narasumber kegiatan ini adalah Imam Syafii. Doktor di bidang pendidikan bahasa Indonesia ini menyampaikan materi tentang teknik menulis artikel ilmiah. Materi tentang pemanfaatan aplikasi dalam menulis artikel disampaikan oleh Trie Utari Dewi. Keduanya merupakan dosen PBSI FKIP Uhamka yang pada semester lalu berhasil menghantarkan mahasiswa bimbingannya untuk lulus jalur skripsi.

Ketua panitia, Syarif Hidayatullah, mengungkapkan, kedua narasumber tersebut dipilih karena pengalaman dan kapasitasnya. “Kami sengaja memilih kedua narasumber ini karena mereka merupakan praktik baik yang berhasil membawa mahasiswa publikasi artikelnya di jurnal nasional terakreditasi,” ujar Syarif Hidayatullah.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa semester VII dan V PBSI Uhamka. Dipandu oleh Deasy Wahyu Hidayati, kegiatan ini berlangsung menarik dan interaktif.

Posting Komentar

0 Komentar