Pengabdian Dosen Uhamka Kembangkan Kompetensi Digital Guru


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - LPPM UHAMKA melalui pengabdian dosen melaksanakan pelatihan pemanfaatan aplikasi media berbasis digital bagi guru – guru Sekolah Dasar, Sabtu (8/1). Kegitan pelatihan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Pelatihan ini diketuai oleh Drs. Kusmajid Abdullah, M.Pd dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Uhamka. Pelatihan ini juga merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Secara umum, kegiatan ini diikuti oleh 26 peserta.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada guru-uru Sekolah Dasar untuk dapat memanfaatkan aplikasi seperti Canva dan Powtoon dalam membuat media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis ICT menjadi tuntutan bagi guru seiring berjalannya waktu. 

Banyak manfaat yang diperoleh dengan memanfaatkan aplikasi media pembelajaran. Kusmajid menuturkan, penting bagi guru harus menyiapkan media yang menarik ketika mengajar.

Dia menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam dua sesi pelatihan. Pada sesi pertama bertema “Membangun ICT dalam Pembelajaran” berisikan tentang karakteristik ICT, manfaat ICT, pentingnya ICT dalam pembelajaran. Sesi kedua berisi pemaparan dan simulasi pemanfaatan aplikasi Canva dan Powtoon. 

Pemaparan aplikasi Canva dan Powtoon dilaksanakan secara langsung langkah per langkah cara membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva dan Powtoon. Melalui pengabdian masyarakat ini menjadi ajang silaturahim dan berbagi pengetahuan antara tim pelaksana dan peserta.




 

Posting Komentar

0 Komentar