Antusias Siswa dalam Workshop Sains di MBS Bogor


GHIRAHBELAJAR.COM, BOGOR – Workshop Pembelajaran Sains Melalui Metode Eksperimen Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit digelar di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo Bogor, Jumat (11/2). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) dan Tim PKM Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Uhamka.

Dengan menggandeng kerja sama kemitraan Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Ki Bagus Hadikusumo Bogor tingkat SMA, kegiatan ini berhasil digelar dengan diikuti peserta dari siswa kelas X-IPA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo Bogor, sebanyak 22 peserta yang terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan.

Ketua pelaksana, Nyai Suminten, menjelaskan, kegiatan ini membahas mengenai pembelajaran inkuiri melalui metode eksperimen dengan materi pembelajaran yaitu larutan elektrolit dan non elektrolit.

Manfaat yang di dapatkan yaitu siswa memperoleh pengetahuan yang terkonstruk dalam pikirannya tentang larutan-larutan elektrolit dan non elektrolit, melalui pengalaman eksperimen yang telah dilakukan mulai dari perangkaian alat percobaan, pengujian larutan-larutan yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sampai pada penarikan kesimpulan.

“Kegiatan tersebut dilakukan sebagai sebuah sarana untuk pengembangan pembelajaran sains, sehingga dapat mendukung program unggulan yang dicanangkan oleh mitra Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo Bogor,” ujar Suminten.

Peserta merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan pembelajaran melalui metode eksperimen yang berhasil, menandakan rangkaian alat disusun dengan benar sehingga berfungsi dengan baik dalam mendeteksi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Suminten juga berharap, pembelajaran inkuiri dengan metode eksperimen memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik, sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat terkonstruk dengan baik. “Dengan melakukan pembelajaran melalui metode eksperimen Peserta didik mendapatkan pengalaman yang melingkupi ranah kognitif, psikomotorik serta ranah afektif. Tujuannya agar peserta didik dapat dapat mengeksplor dan mengkontruks pengetahuannya dengan baik,” ungkapnya.

Tim PKM Uhamka kali ini terdiri atas 3 dosen, yakni Nyai Suminten, M.Pd. sebagai ketua, dan Felicianda Adrin Burhendi, S.Pd, M.Si dan Suci Lestari, M.Pd sebagai anggota. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dibantu oleh dua mahasiswa Prodi Fisika FKIP Uhamka, yakni Ghina El Hidayah dan Rahmah Izzati Alhaq.

Posting Komentar

1 Komentar