Dosen Muda Uhamka Berikan Penguatan Ideologi untuk Kaum Milenial Muhammadiyah


GHIRAHBELAJAR.COM, BOGOR – Dalam rangka meningkatkan pemahaman Ideologi Muhammadiyah, dosen Psikologi Uhamka menggelar kegiatan Pelatihan Penguatan Ideologi Muhammadiyah. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama dengan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Uhamka Boarding School (UBS) yang dilakukan secara luring di Jonggol, Jawa Barat, Ahad (6/2).

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dosen Psikologi UHAMKA Bahrudin, M.Psi dan Muhammad Abdul Halim Sani. Dalam pemaparan materi, Bahrudin, M.Psi mengatakan bahwa Ideologi Muhammadiyah menjadi sangat penting, khususnya untuk kader di Sain-tek UBS agar dapat memberikan warna dan jati diri sebagai kader persyarikatan.

“Khususnya para kader ditekankan mengupdate ideologi dengan meneladani Kyai Dahlan sebagai pendiri Peryarikatan. Selain itu, kader jga perlu mengkaji ulang dan memperluas skill dan knowledge agar menjadi siswa yang berprestasi,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, pada Era Industri 4.0 atau era informasi diharapkan siswa dapat memanfaat dengan menjadi referensi pembelajaran sehingga menjadi lebih siap dalam berdiskusi dengan sekolah yang lain. “Oleh karena itu, diperlukan kajian-kajian ilmiah agar menambah pengetahuan santri. Disamping itu, mereka juga dibekali pendalaman agama yakni hafiz kitab suci agar bisa beradaptasi dengan dunia saat ini,” ungkap Bahrudin.


 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pelatihan Penguatan Ideologi Muhammadiyah, Muhammad Abdul Halim Sani, menyampaikan, santriwan dan santriwati UBS sebagai kader Persyarikatan ditunggu kiprahnya dalam mengembangkan sekolah dan penerus gerakan dakwah Muhammadiyah di masyarakat.

"Masyarakat dalam melaksanakan ajaran agama terkadang bertautan dengan tradisi sehingga tradisi dianggap sebagai ibadah sehingga wajib dilaksankan selayaknya ibadah. Oleh karena itu, perlu adanya sentuhan dakwah yang mencerahkan sehingga dapat membedakan itu,” ungkapnya

Pelatihan ini dihadiri oleh 30 peserta dari seluruh pengurus IPM dan Santriwan dan Santri wati UBS yang dilaksanakan secara luring, termasuk santriwati pengurus IPM Anggun yang menantang dirinya agar memahami dan melaksanakan dengan serius sebagai kader Muhammadiyah dalam melakukan dakwah khususnya sebagai siswa agar menjadi teladan bagi yang lain.

Plt UBS Ustadz Azmi, S.Pd selaku kepala sekolah UBS Sain-Tek sepenuhnya mendukung penuh kegiatan ini yang dilakukan oleh dosen-dosen muda Psikologi Uhamka yang peduli kepada pesyarikatan Muhammadiyah dalam Pelatihan Penguatan Ideologi Muhammadiyah buat generasi millenial ini.

“Saya bersyukur atas apa yang telah dilakukan dosen-dosen psikologi Uhamka yang yang peduli dan peka terhadap Ideologi sekolah baru dari Uhamka, ini adalah bukti pengabdian yang dilakukan dosen UHAMKA untuk pesyarikatan Muhammadiyah dan bangsa,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar