Dosen Uhamka Bimbing Guru Kembangkan Media Pembelajaran




GHIRAHBELAJAR.COM, DEPOK – Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (PGSD FKIP Uhamka) menyelenggarakan program kemitraan masyarakat. Program kali ini dilaksanakan secara daring dan luring. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pengamalan catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Kegiatan ini berisi Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Video Animasi Platagon yang ditujukan kepada pendidik di SD Negeri Tugu 10 Depok. Ketua pelaksana kegiatan ini yang juga dosen PGSD FKIP Uhamka, Septi Fitri Meilana MPd, dibantu oleh anggota tim, Dra Zulfa Dewina MPd dan enam mahasiswa semester V dan VII Prodi PGSD UHAMKA.

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada 8-10 Februari 2022 secara daring dan luring. Pada 8 Februari 2022, kegiatan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Tim pengabdian Uhamka disambut oleh pihak SD Negeri Tugu 10 Depok yang diwakilkan oleh Sri Rejeki Fladesawati MPd.

Dalam sesi penyampaian materi, pertama mengenai kompetensi guru disampaikan oleh Zulfa Dewina. Kedua, mengenai pengenalan media pembelajaran animasi Plotagon oleh Septi Fitri Meilana. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam paparannya, Zulfa Dewina mengungkapkan, memasuki era revolusi industri 4.0, ada lima komponen yang harus disiapkan oleh seorang pendidik. “Yaitu educational competence, competence for technological commercialization, competence ini globalization, competence in future strategies, dan conselor compotence,” ungkapnya.

Sementara, Septi Fitri Meilana menyampaikan, pada masa pandemi Covid-19 ini pendidik dituntut untuk terus mengembangkan media pembelajaran yang asyik dan tidak membosankan. “Dengan adanya kegiatan kali ini para guru akan belajar bagaimana cara membuat media pembelajaran menggunakan Plotagon untuk bahan ajar di kelas,” katanya dalam Zoom Meeting.

Hari kedua, 10 Februari 2022, kegiatan berlangsung secara offline, dengan agenda utama praktik membuat animasi plotagon dan penyerahan plakat dari pihak Uhamka kepada Kepala SD Negeri Tugu 10 yang diwakilkan oleh H. Dadan. Selanjutnya, dilakukan pemberian hadiah kepada dua peserta terbaik. “Peserta terbaik berkesempatan mendapatkan emas logam mini seberat 0,005 gram, ucapan terima kasih oleh Ibu Dra Zulfa Dewina MPd kemudian acara ditutup,” ujar Septi.

“Selama pengabdian masyarakat di SD Negeri Tugu 10 Depok, banyak sekali mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang baru. Disambut dengan baik oleh kepala sekolah serta rekan guru,” kata Septi.

Tim Pengabdian Prodi PGSD FKIP Uhamka. (Dok.Pri)



 

Posting Komentar

0 Komentar