Biasakan Anak Membaca Doa Sehari-hari


GHIRAHBELAJAR.COM - KKN Integrasi dan PLP2 merupakan mata kuliah semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) FKIP Uhamka. Kegiatan KKN Integrasi dan PLP2 kali ini diadakan di Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Pluit, Jakarta Barat, di salah satu rumah warga setempat.

Salah satu warga setempat mengadakan rumah belajar atau les di rumahnya untuk membantu anak-anak dalam proses pembelajaran di luar jam sekolah. Judul kegiatan KKN ini ialah “Pembelajaran Kegiatan Literasi dan Pengenalan Doa Sehari-hari pada Anak”. Tema ini diangkat karena dalam kegiatan rumah belajar atau les ini diawali dengan kegiatan membaca, mengaji, dan membaca doa sehari-hari. Hal itu sebagai bentuk upaya atau pengenalan doa sehari-hari pada anak agar ia mengingat doa apa saja yang telah dipelajari.

Tujuan dari KKN Integrasi dan PLP 2 ini ialah membantu warga setempat dalam bidang pendidikan. Lebih khusus dalam proses pembelajaran yang dilakukan anak-anak. Kegiatan KKN integrasi dan PLP 2 berlangsung selama dua pekan, yakni 8-23 Februari 2022.

Dalam kegiatan rumah belajar atau les ini memiliki beberapa kegiatan, seperti membaca, menulis, menghitung, serta mengenal huruf abjad bagi yang pemula. Pada umur yang masih pemula maka diajarkan terlebih dahulu pengenalan huruf atau angka berupa tulisan halus pada buku yang disediakan, misalnya bentuk titik-titik yang berbentuk angka. Rumah belajar atau les ini dipimpin oleh Bu Ida selaku pemilik rumah.

Peserta Rumah Belajar Terlihat Sangat Antusias


Kegiatan rumah belajar atau les ini dilakukan selama lima hari dan terbagi menjadi 2 kategori yaitu kategori pertama terhitung setiap Senin, Rabu, dan Jumat untuk anak yang berumur tujuh tahun dan delapan tahun. Kemudian, untuk kategori kedua, yaitu 4-6 tahun, yaitu untuk anak yang ingin masuk sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) atau yang belum sekolah.

Dalam kegiatan ini, anak-anak tampak begitu semangat atau antusias ketika memulai pembelajaran. Terlihat dari antusiasnya ketika guru datang mereka salim tangan, serta berebut menyiapkan meja untuk guru mengajar sebelum proses pembelajaran dimulai, lalu sampai dengan mereka membaca doa sebelum belajar.

Adapun kegiatan lain di rumah belajar ini, yaitu sebelum membaca iqro anak-anak terlebih dahulu membaca surat-surat pendek di Alquran, lalu setelah itu mengaji iqro, dan setelah mengaji diakhiri dengan membaca doa sehari-sehari, seperti doa hendak makan, doa hendak berwudu, serta doa setelah makan.

Setelah kegiatan KKN Integrasi dan PLP 2 ini selesai, tidak luput mengucapkan terima kasih kepada Bu Ida selaku pemilik rumah serta penyelenggara rumah belajar atau les di rumahnya karena sudah bersedia membantu untuk mengajar murid-muridnya di rumah belajar, serta membantu banyak dalam kegiatan KKN Integrasi serta PLP 2 ini.

*Kiriman dari: Nadya Fenelycia, mahasiswa PBSI FKIP Uhamka.

Posting Komentar

0 Komentar