Belajar dari Socrates, Plato, dan Aristoteles


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Kajian Intelektual PK IMM FKIP Uhamka yang kedua dilakukan melalui media Zoom Meeting berjalan dengan lancar. Kajian ini dilaksanakan oleh Bidang Riset Pengembangan Keilmuan PK IMM FKIP Uhamka, Ahad (24/4). Bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Sejarah Ilmu Pengetahuan pada masa periode Yunani Kuno dalam rangka pengembangan Intelektual.

Diawali dengan perkenalan dari pembawa acara selanjutkan masuk pada materi Tiga Pelopor Zaman Yunani Kuno oleh Ahmad Ruslan MPd, dosen FKIP Uhamka. Ruslan mengatakan, menuntut ilmu adalah taqwa, menyampaikan ilmu adalah ibadah, mengulang-ngulang ilmu adalah dzikir, mencari ilmu adalah jihad. Begitulah perkataan Abu Hamid Al-Ghazali dalam memperkuat pembuka kajian ini.

Ruslan menjelaskan tiga pembelajaran dari para tokoh yunani kuno, di antaranya Socrates, Plato, dan Aristoteles. “Menurut Socrates, satu-satunya kebijaksanaan sejati adalah mengetahui bahwa anda tidak mengetahui apa-apa. Kalimat ini menunjuknnya kerendahkan diri dalam menuntut ilmu. Seperti hal-nya perumpamaan padi yaitu semakin tinggi ia terjulang mana semakin ia merunduk,” kata dia, Ahad (24/4).

Dia juga menjelaskan, Plato mengungkapkan bahwa keadilan, kebenaran, kebebasan, itulah pangkal dari kebahagiaan. “Mengutip kalimat tersebut sebagai bahan refleksi diri bahwa ketika kita berbuat baik secara tidak langsung jiwa kita menciptakan kebahagiaan untuk diri sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Aristoteles mengungkapkan semua manusia secara ilmiah mendambakan ilmu pengetahuan. “Kalimat tersebut menjelaskan bahwa ketika hendak melakukan sesuatu tentu dengan ilmu, dikaitkan dengan pandangan islam ilmu ini menjelaskan bahwa jika kamu ingin dunia kamu harus memiliki ilmu, jika ingin akhirat kamu harus memiliki ilmu dan jika kamu ingin kedua kamu harus memiliki ilmu,” kata Ahmad Ruslan yang juga pengurus DPD IMM DKI Jakarta.

Kegiatan ini pun diakhiri dengan penyerahan sertifikat yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Dukungan dari berbagai pihak turut membantu kelancaran kegiatan ini. Peserta begitu antusias dalam kegiatan ini terlihat banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang dilakukan dalam forum. Hal tersebut menunjukkan bahwa keinginan dalam mengulik kembali ilmu yang telah didapat meningkatkan pemahaman dari materi yang telah disampaikan. (intan puspita sari)

Posting Komentar

0 Komentar