Memahami Manajemen Keuangan TPQ


 

GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Sri Yulianti

Pengelola TPQ pada umumnya terdiri dari beberapa personal bergantung banyak sedikitnya santri TPQ yang dikelola. Entah sedikit atau banyak, diperlukan Manajemen yang baik supaya tercapai target visi dan misi lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Lembaga pendidikan Al-Qur’an juga memiliki Manajemen Keuangan di mana itu sangat menunjang keberhasilan dan kemajuan sebuah lembaga pendidikan per-TPQ-an, Manajemen Keuangan pada lembaga TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) rata-rata masih menggunakan manajemen klasik atau terdahulu. Seperti hanya menggunakan seadanya buku catatan kas masuk dan kas keluar.

Perlunya sosialisasi manajemen keuangan dalam tata kelola lembaga pendidikan TPQ agar sumber daya yang memegang tanggung jawab bisa mengembangkan tata kelola keuangan lembaga TPQ, dengan begitu manajemen keuangan TPQ bisa tertata rapi dan memberikan laporan transparan kepada masyarakat.

Banyak sekali lembaga TPQ-TPQ yang masih nol dalam pengelolaan keuangan sehingga mengakibatkan nol pemasukan, dan menimbulkan TPQ cepat sekali gulung tikar, ini menjadi perhatian penuh terhadap penulis agar bisa memberikan sosialisasi terkait manajemen keuangan di lembaga per-TPQ-an, jika perlu adanya penyuluhan dari bidang keagamaan.

Jika lembaga TPQ mempunyai manajemen keuangan yang bagus ini membuktikan bhwa TPQ tersebut bisa maju dan berkembang, sehingga kepercayaan masyarakat terbangun, dan tergerak untuk mengembangkan lebih maju lagi.

Dalam manajemen Keuangan TPQ ada beberapa personil di antaranya:

1. Bendahara Pemasukan TPQ

Bendahara pemasukan TPQ bertugas mencatat kas masuk seluruh santri dari syariah dll.

2. Bendahara Pengeluaran TPQ

Bendahara Pengeluaran bertugas mencatat kegiatan kas keluar seluruh kegiatan TPQ hingga pebuatan laporannya.

Sebetulnya tidak hanya dua personil pokok ini saja tetapi ada personil lain seperti Bendahara tabungan santri, bendahara, infaq santri, bendahara seragam santri, bendahara PPDB santri, dll. Namun yang secara umum atau garis besarnya ada dua personil menurut say,a yaitu Bendahara pengeluaran dan Bendahara Pemasukan. 

Dengan adanya dua personil ini TPQ bisa memberikan keterangan dan laporan laporan keuangan di Lembaga TPQ, seharusnya jika dimanajemenkan dalam standar manajemn keuangan, masih ada bagian bagian tertentu yang memegang keuangan TPQ sehingga lebih jelas dan detail.

Demikian sedikit ulasan penulis dari Manajemen TPQ yang baru penulis pelajari semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar