PG PAUD FKIP Uhamka Jalankan Pertukaran Mahasiswa


 

GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (FKIP Uhamka) menjadi salah satu kampus yang dipercaya oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Pendidikan Teknologi (Kemenristekdikti) untuk melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pertukaran Mahasiswa merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang ditawarkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP Uhamka dalam rangka memberikan kesempatan kepada mahasiswa PG PAUD untuk mengikuti perkuliahan yang relevan di fakultas atau perguruan tinggi lain.

Ketua Program Studi PG PAUD FKIP Uhamka, Amelia Vinayastri, mengungkapkan bahwa tujuan pertukaran mahasiswa yang dilakukan antarfakultas ini akan memberikan peningkatan mutu pendidikan dengan adanya transfer kredit. Selain itu, ia menjelaskan, hal ini akan membangun persahabtan antarmahasiswa sehingga dapat memperluas relasi.

“Tujuan program pertukaran mahasiswa antara lain untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui transfer kredit dan perolehan kredit, meningkatkan mutu pendidikan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif perguruan tinggi masing-masing, serta membangun persahabatan antar mahasiswa sehingga dapat membangun relasi yang lebih luas,” kata Amelia Vinayastri, S.Psi., M.Pd, Jumat (29/4).

Amelia juga mengatakan, kedua mahasiswa PG PAUD yang mengikuti Program MBKM Pertukaran Mahasiswa adalah Anisa Kamila Robbi dan Ernawati. Dia juga menjelaskan, pertukaran ini dilaksanakan di Fakultas Teknik Uhamka dengan mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Adapun waktunya yaitu selama satu semester.

“Dalam mata kuliah ini mereka (peserta pertukaran mahasiswa) mempelajari topik sejarah komputer, bahasa pemrograman, sistem operasi, dan jaringan komputer yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mereka sebagai calon pendidik PAUD,” ujarnya, Jumat (29/4).

Salah satu mahasiswa, Anisa Kamila Robbi, menjelaskan, kegiatan MBKM Pertukaran Mahasiswa yang mereka ikuti di Fakultas Teknik Uhamka dimulai sejak 12 Oktober 2021 hingga saat ini. “Kami sebagai mahasiswa PG PAUD FKIP Uhamka merasa bangga dengan kesempatan yang kami dapatkan. Dengan kesempatan ini kami mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat menjadikan diri kami menjadi pengajar yang profesional di bidangnya,” ujar Anisa dalam katerangan tertulis, Jumat (29/4).

Posting Komentar

0 Komentar