Cara Terbaik Mendidik adalah Memberi Contoh


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Aflaha Nursifa Firdaus

Peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting, karena peran tersebut merupakan tanggung jawab bagi orang tua terhadap anaknya. Dukungan dan keterlibatan orang tua sangat bermanfaat bagi anak dari segala usia. Dukungan tersebut dapat meningkatkan perkembangan anak menjadi sosok yang tangguh dan pantang menyerah. Tantangan yang dihadapi anak akan semakin berat ke depannya. Maka dari itu, sejak usia dini anak bisa dilatih untuk bisa menjadi pribadi yang tangguh dan pantang menyerah. Bagaimana memulainya?

1. Ajari Anak untuk Menerima Pendapat

Perhatikan anak ketika berbeda pendapat dengan temannya, ajari anak untuk dapat berbicara dengan kata-kata yang sopan dan halus. Dengan begitu anak akan paham cara menghargai pendapat temannya.

2. Teladan Orang Tua

Anak adalah peniru ulung. Jadilah teladan orang tua yang tangguh. Jika orang tua bersikap baik, maka anak akan menirunya dengan baik.

3. Berterima Kasih

Ungkapan ini juga menjadikan anak sebagai pribadi yang baik serta berperilaku santun. Walaupun terdengar sederhana, tapi ungkapan terima kasih perlu diajarkan agar anak memahami cara menghargai usaha, pemberian, dan pertolongan orang lain.

4. Rangkulan Positif

Orang tua adalah partner terbaik bagi anak, cara merangkul anak adalah tindakan terbaik agar anak merasa tegar ketika ada masalah. Dampingi anak saat belajar menyelesaikan masalahnya, dengan begitu anak akan merasa tegar dan kembali merasa percaya diri.

Anak bagaikan kertas putih yang akan dilukis orang tua. Jika orang tua ingin anak menjadi pribadi yang baik, sopan, rajin, tekun, amanah, orang tua harus didik anak dengan baik. Ajari anak dari hal-hal yang kecil dengan kebaikkan, karena dengan kebaikkan tersebut anak akan menirunya dengan baik. Peran orang tua dan lingkungan juga sangat mempengaruhi apapun kegiatan yang dilakukan anak. jika lingkungan tersebut baik, maka hal itu sangat membantu dalam membangun karakter anak menjadi baik.

Dukungan orang tua untuk menjaga kesehatan anak juga sangat penting, pola asuh yang baik juga ikut berperan penting pada kesehatan dan tumbuh kembang anak. Orang tua diharapkan dapat mendidik dan membiasakan anak untuk hidup sehat. Memang butuh waktu dan kesabaran agar anak terbiasa menjalani hidup sehat, namun semakin awal kebiasaan baik diterapkan, semakin besar pula kemungkinan anak menjadi sehat. Cara terbaik adalah menjadi contoh, anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tua. Ketika menerapkan kebiasaan hidup sehat, lebih baik mulai dari langkah sederhana tetapi konsisten. Misalnya, ajak anak untuk berolahraga di sore hari.

Seorang anak yang memiliki hubungan baik dengan orang tua dan lingkungan sekitar harus bekerja sama dan bergaul dengan lebih baik. Hal ini juga membuat anak menjadi lebih percaya diri atas kemampuannya untuk mempelajari hal baru. Kemampuan sosial dan emosional dipengaruhi oleh pengalaman yang dialami selama hidup, genetik, dan tempramental. Sehingga, sebagai panutan pertama anak, orang tua perlu memberikan contoh yang positif. Misalnya, ajari anak untuk mengenali perasaan yang dialaminya, seperti senang, marah, atau sedih.

Orang tua juga memiliki peran penting dalam mendukung pendidikan anak, terutama pada awal-awal sekolah, yaitu dari TK sampai SD. Anak yang memiliki orang tua yang aktif memiliki kemungkinan hampir dua kali lebih berhasil dalam bidang akademis. Orang tua perlu membuat anak menyadari bahwa belajar adalah hal penting, menyenangkan, dan harus dilakukan. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak terbukti memberikan banyak dampak positif bagi anak.

Orang tua harus lebih memperhatikan potensi dan bakat yang ada pada anak mereka, memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran mereka di sekolah serta selalu memotivasi anak agar tetap semangat dalam belajar. Para orang tua juga diharapkan dapat melakukan semua itu dengan niat yang tulus untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral yang baik dan wawasan yang tinggi serta semangat pantang menyerah.

Posting Komentar

0 Komentar