GhirahBelajar Rilis Buku Repihan Kisah Nusantara


GHIRAHBELAJAR.COM - GhirahBelajar berkolaborasi dengan Penerbit Irfani menerbitkan buku bertajuk Repihan Kisah Nusantara; Dari Cerita Rakyat Hingga Legenda Urban. Buku ini ditulis oleh para penulis dari berbagai penjuru Nusantara.

Adapun para penulisnya, antara lain Alfi Naelah, Alfredi Lakebelek, Djuharijah, Frida Tahu, Nanang Sugiharti, Maria, Ruly Anggrainy, Satrya Karunia TH, Wiwin Alwiningsih, dan Wahyu Sains. Kemudian buku ini dieditori oleh Ahmad Soleh, Evi Susilawati, dan Rini Arlianti. Selain itu, dalam pengemasan naskah buku dibantu juga dengan desain sampul yang menarik oleh Darus Solekah.

Buku ini berawal dari project penulisan buku dengan mengangkat kearifan lokal yang diadakan oleh Komunitas Pintara. Ketua project penulisan buku ini, Maria, mengatakan, para penulis menempati posisi penting bagi suatu peradaban. Cerita yang mereka tulis dan/atau kumpulkan menjadi sumber pengetahuan bagi generasi selanjutnya.

"Penulis buku antologi ini mengambil peran untuk meneruskan rekam jejak dengan menuliskan peristiwa-peristiwa yang terjadi, terutama di daerah masing-masing. Antologi ini adalah sebuah sumbangsih bagi perkembangan literasi Indonesia. Kumpulan cerita rakyat, folklore, hingga urban legend dari pelbagai daerah di Nusantara ini diharapkan mampu menyebar-luaskan esensinya," ujar Maria dalam kata pengantarnya.

Sementara itu, CEO Penerbit Irfani yang juga inisiator GhirahBelajar, Ahmad Soleh, dalam pengantarnya mengungkapkan, sekelompok penulis yang menyusun buku Repihan Kisah Nusantara ini, saya baca sebagai upaya untuk tidak sekadar melestarikan budaya kearifan lokal. Tetapi juga merawat tradisi intelektual yang sejak lama.

"Cerita rakyat, legenda, dongeng, legenda urban—umumnya dulu ditulis anonim—dari berbagai daerah yang dihimpun dalam buku ini memberikan gambaran bagaimana khazanah sastra kita begitu kaya dan amat dalam untuk digali. Sehingga diharapkan dapat memberikan ruang imajinasi baru pada masa sekarang," ujarnya.

Buku Repihan Kisah Nusantara; Dari Cerita Rakyat Hingga Legenda Urban ini sudah bisa dipesan melalui Penerbit Irfani atau langsung kepada para penulisnya.

Posting Komentar

0 Komentar