Gebyar Posyandu Bersama Mahasiswa PKL Uhamka


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Jalan Kampung Sumur Utara RW.10, Klender, Jakarta Timur.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan suatu bentuk pendidikan yang dapat memberikan pengalaman belajar dalam praktik mengajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi di lembaga pendidikan, khususnya lembaga PAUD, perusahaan APE atau terjun kepada masyarakat. Praktik Kerja Lapangan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kependidikan kepada mahasiswa secara nyata di lapangan serta mempersiapkan tenaga kependidikan yang profesional.

Pada Senin, 22 Agustus 2022, diadakan kegiatan Gebyar Posyandu yang berlangsung secara serentak dengan dihadiri kurang lebih 500 balita dan dibagi menjadi 2 Pos.

Menurut Pecatatan dan Pelaporan BIAN KLD3 Pos 1 PYD Mawar Merah 1 Klender 3 dengan dihadiri 88 Partisipan dengan Jenis Longistik OPV 0, IPV 0, DPT-HB-HIB 3, Campak Rubella 9. Sedangkan Posyandu Mawar Merah 2 dihadiri 163 Partisipan dengan data jumlah OPV 2, IPV 2, DPT-HB-HIB 5, Campak Rubella 17, ADS 0,5 ML = 197, ADS 5 ML = 17.


 

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2015).

Dalam kegiatan ini terdapat banyak anak yang mendapatkan vaksin Campak Rubella untuk anak usia 9 sampai 59 bulan dan imunisasi kejar anak usia 12-59 bulan yang tidak lengkap dengan pemberian imunisasi OPV, IPV, dan DPT-HB-Hib. Vaksin MR adalah kombinasi vaksin campak (Measles “M”) dan Rubella (Rubella “R”). Vaksin MMR berfungsi untuk mencegah campak, rubella, dan gondongan.

Dengan adanya imunisasi warga Kampung Sumur, Klender, Jakarta Timur agar mendapatkan imunitas atau kekebalan anak secara individu dan eradikasi pembasmian sesuatu penyakit dari penduduk sesuatu daerah atau negeri. Yang tidak kalah pentingnya adalah imunisasi ulang (booster) yang perlu dilaksanakan dalam waktu tertentu untuk meningkatkan kembali imunitas/kekebalan bagi penduduk setempat.

Posting Komentar

0 Komentar