Nyaman tak Nyaman Tetap Sekolah


GHIRAHBELAJAR.COM – Alifia Kania Ramadhani, Mahasiswa Pendidikan UIN Sunan Kalijaga

Lingkungan pendidikan yang baik di sekolah itu seperti apa? Sebelum menjelaskan hal tersebut, kita harus mengetahui pengertiannya. Lingkungan pendidikan adalah faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap praktik pendidikan. Jenis lingkungan pendidikan ada tiga, yaitu lingkungan pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

1. Lingkungan Pendidikan Keluarga

Lingkungan pada lingkup keluarga dan berfungsi sebagai dasar atau awal pendidikan dan pengalaman pada anak.

2. Lingkungan Pendidikan Sekolah

Lingkungan sekolah juga sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Sekolah merupakan tempat untuk menempuh pendidikan yang sengaja dirancang untuk melaksanakan pendidikan formal. Sekolah juga bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak selama mereka menempuh pendidikan formal.

3. Lingkungan Pendidikan Masyarakat

Lingkungan masyarakat merupakan lingkungan pendidikan yang berguna untuk mengaplikasikan ajaran dari pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah. Lingkungan pendidikan ini akan dialami anak-anak setelah mereka berada di luar lingkungan keluarga dan di luar pendidikan sekolah.

Dari penjelasan tersebut terdapat lingkungan pendidikan di sekolah. Sekolah termasuk salah satu yang paling berpengaruh terhadap anak. Disebutkan juga dalam penjelasan tersebut, sekolah bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak.

Akan tetapi, mengapa masih ada saja kebijakan di sekolah yang tidak memberikan hak sepenuhnya kepada para siswa. Kebijakan dari pemimpin yang tidak terlalu penting untuk pendidikan siswa juga banyak digalakkan.

Adapun kasus yang disebabkan oleh kepala sekolah yang antikritik dan menciptakan ketidaknyamanan bagi para siswa. Para guru pun mendapat tugas yang tidak wajar di luar jam kerja mereka. Menjadi pemimpin tidaklah mudah, tetapi apa salahnya mendengarkan keluh kesah atau saran dari warga sekolah dan juga mewujudkan hal baik yang mereka sarankan. 

Ada juga para guru yang terlalu seenaknya saat memberikan tugas. Apakah semakin banyak tugas membuat siswa semakin pandai? Tugas yang mementingkan kualitas di atas kuantitas lebih baik daripada tugas yang tak kunjung henti dan membuat para siswa semakin tertekan.

Lingkungan pendidikan yang baik di sekolah, yaitu harus tercipta keamanan bagi warga sekolah baik secara fisik maupun psikologis dan yang utama siswa harus terbebas dari pengaruh tekanan yang memberatkan juga menghambat siswa untuk mengekspresikan diri.

Selain itu, terlepas dari perbedaan mereka para siswa harus dihargai, mereka tidak boleh tunduk pada segala bentuk diskriminasi, terutama bagi siswa yang seharusnya nyaman dalam menimba ilmu di sekolah.

Kemudian, semua warga sekolah wajib menjalankan peraturan dan kebijakan yang sudah ditentukan dalam lingkungan di sekolah sebagai landasan bersikap dan berperilaku. Selanjutnya, menciptakan rasa kekeluargaan sesama warga sekolah sehingga terciptanya rasa saling menghargai, memahami, dan saling mendukung satu sama lain.

Dapat disimpulkan, lingkungan pendidikan yang baik, yakni memberikan keamanan, kenyamanan, dan adanya rasa saling menghargai. Baik antarsiswa, guru, maupun warga sekolah dan tidak terkecuali dari pemimpin sekolah kepada warga sekolah yang dipimpinnya.

Posting Komentar

0 Komentar