Ada Apa dengan Drama Korea?


 

GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh Zaidatul Muyassarah

Akhir-akhir ini drama Korea menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia terutama di kalangan para remaja. Topik ini menjadi hangat di beberapa media sosial seperti Twiter, Instagram, dan Tiktok. Tidak sedikit dari mereka yang mereviu drama Korea yang telah mereka tonton di banyak media sosial.

Mengapa drama korea makin digandrungi? Tentunya itu adalah pertayaan yang mudah dijawab oleh pencinta drama korea karena ada banyak alasan mengapa drama Korea makin disukai oleh semua kalangan masyrakat. Berikut opini saya sebagai pencinta drama korea.

1. Cerita yang menarik

Drama Korea atau yang biasanya disingkat menjadi drakor memiliki banyak cerita yang menarik. Ada banyak pilihan genre di K-drama seperti dunia kedokteran, sekolah, perkantoran, polisi, pengacara, jurnalistik, altlet, dan masih banyak lagi sehingga para penikmatnya semakin penasaran dan tertarik dengan kdrama.

Banyak pula tema yang diangkat oleh kdrama Seperti 2521 yang menyajikan semangat altlet muda untuk meraih impianya dan kisah romansa lima karakter pada tahun 90-an. Dan sebaliknya ada pula drama Korea dengan tema dark dan misterius seperti drama Little Women drama on going ini akhir akhir ini menjadi buah bibir para pencinta drakor yang mengisahkan tentang tiga bersaudara perempuan yang miskin yang memiliki persahabatan yang baik, dan bagaimana mereka menghadapi keluarga terkaya dan paling berkuasa di Korea.

Drama ini juga memiliki banyak misteri dan plot twist di dalamnya. Selain itu, juga ada drama yang menjadi kesayangan seluruh pecinta drama Korea, yaitu Replay 1998 kehidupan persahabatan lima remaja yang bertetangga di Ssangmundong, Distrik Dobong, Seoul Bagian Utara, pada era 80-an.

2. Poster

Kebanyakan poster dalam drakor mengadung spoiler atau petunjuk drama tersebut. Biasaya begitu poster suatu drakor keluar banyak dari netizen yang menebak-nebak atau memprediksi bagaimana cerita itu akan berjalan. Poster untuk drama korea juga menyajikan visual dan karakter dari pemain yang membuat kita menjadi tertarik dengan drama tersebut Namun, tak sedikit juga poster drama korea yang terlihat ceria dan colorfull, tetapi ceritanya mengandung banyak misteri.

3. Simatrografi

Pengambilan gambar yang berkualitas membuat penonton menjadi nyaman menotonnya kebanyakan dari drama Korea memiliki sinematografi yang hampir setara dengan film untuk bioskop. Drama Our Blues adalah salah satu drama korea dengan simatografi terbaik dengan latar pulau jeju yang indah tim produksi tidak menyiayakannya dengan mengambil setiap shot, footage, dan color grading yang memanjakan mata

4. Pemeran

aktor dan aktris drama Korea memiliki kualitas yang baik. Tak sedikit dari drama korea yang menggunakan aktor atau aktris yang memiliki bayaran cukup tinggi. seperti pada drama My Love From the Star yang menampilkan Kim Soo-hyun dengan bayaran sekitar 1,17 m per episode. Banyak pula aktor dan aktris pemula yang memiliki kualitas yang baik seperti Han Ji Hyunyang sukses di debut dramanya Penthouse.

5. Jumlah episode

Drama Korea rata-rata memiliki episode 12-16 episode saja. Karena meilikki episode yang cenderung sedikit hal ini membuat alur drama menjadi cepat dan tidak berbelit-belit sehingga ending-nya pasti dan tidak membuat penoton bosan.

6. Bujet produksi


Drama korea juga tak tanggung tanggung mengeluarkan bujet untuk produksinya. Dana dalam produksi pembuatan suatu drama sangat berpengaruh pada kualitas drama tersebut. Ada beberapa drama Korea yang mengeluarkan bujet sangat besar dalam proses produksinya. Artdal Chonicles menjadi drama dengan bujet terbesar, yaitu sekitar Rp 696,7 miliar untuk 18 episode. Disusul oleh Kingdom salah satu drama yang diperankan oleh Ju Ji-hoon meghabiskan dana sebesar Rp 451,5 miliar

Karena proses produksi yang maksimal membuat drama korea memiliki kualitas yang tinggi tak heran jika banyak masyarakat indonesia yang menyukainya.

Posting Komentar

0 Komentar