MAN 1 Bogor Launching Buku, Miss Indonesia 2022 Berbagi Inspirasi


GHIRAHBELAJAR.COM, BOGOR – Siswa/siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bogor memperingati hari pahlawan nasional dengan menggelar launching buku antologi puisi berjudul Pahlawan Inspirasiku yang ditulis oleh para siswa kelas XI. Acara ini digelar di lapangan MAN 1 Bogor, Cirimekar, Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (10/11).

Acara launching tersebut menghadirkan bintang tamu Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa sebagai bintang tamu. Saat mengisi acara talkshow, Audrey berbagi pengalaman dan motivasi untuk para siswa MAN 1 Bogor.

Launching buku tersebut langsung mendapatkan apresiasi dari Audrey Vanessa yang merasa kagum setingkat SMA bisa launching buku. Hal ini menurut dia merupakan sebuah prestasi. Audrey berharap prestasi tersebut tidak sampai di sini.

"Saya kagum setingkat SMA bisa launching buku yang sangat bagus, ini sebuah prestasi, harapan saya temen-temen terus berkarya walaupun sudah lulus dari MAN temen-temen terus berkarya untuk bangsa," kata Audrey.

 



Audrey mengatakan, sebagai bangsa Indonesia sudah selayaknya mengenang jasa para pahlawan, dan mengisi kemerdekaan dengan menjaga toleransi ditengah gempuran yang mau mencoba memecah belah bangsa ini.

"Dulu para pendahulu kita para pahlawan bertumpah darah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini dari penjajah, sekarang sudah sepatutnya kita menjaga kemerdekaan tersebut, dengan menjaga toleransi dan tidak terpecah belah walaupun banyak yang mencoba memecah belah bangsa ini," ujar Audrey.

Disinggung perihal pahlawan, menurut dia, mereka yang mau berkorban untuk diri kita pantas disebut pahlawan, seperti halnya para guru karena guru mau mengorbankan tenaga waktu dan memberikan ilmunya demi mencerdaskan anak didiknya.

"Pahlawan menurut saya adalah orang yang mau berkorban itu bisa disebut pahlawan, seperti bapak/ibu guru kita ini. Mereka itu pahlawan karena rela dengan ikhlas mengorbankan pikiran, tenaga, waktu untuk mencerdaskan kita-kita ini. Kita tidak akan bisa jadi apa-apa tanpa bimbingan dari seorang guru. kelak nanti kita sukses itu jasa-jasa dari guru," ungkap Miss Indonesia 2022 yang tengah mengambil double major sekaligus di Monash Univesity tersebut.


 

Selain itu, acara launching ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor Ahmad Syukri, Kepala MAN 1 Bogor N. Nani Ruhyani, Kepala Tata Usaha MAN 1 Bogor Rahmatullah, penulis Novel Dikta dan Hukum Dhia’an Farah, serta penulis buku Tinta-Tinta Kehidupan Rizki Indrawan.

Ketua panitia pelaksana Gaharu Bimo Pamungkas mengatakan, puisi tersebut merupakan bukti kecintaan siswa-siswa MAN 1 Bogor terhadap para jasa pahlawan yang diungkapkan melalui karya puisi.

“Ini adalah bukti kecintaan dan jiwa nasionalisme para siswa MAN 1 Bogor terhadap para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini kita mengungkapkan kecintaan kepada negeri melalui puisi, esok mendatang kita buktikan kecintaan kita terhadap Indonesia dengan menjadi anak bangsa yang bisa membawa harum negara di kancah dunia,” ungkap Bimo.

Kepala MAN 1 Bogor Nani Ruhyani mengungkapkan dalam sambutanya, buku karya siswa/i MAN 1 Bogor yang berjudul pahlawan Inspirasiku, benar-benar menginspirasi siapa saja yang membacanya, buku tersebut menggambarkan hal yang tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa.


 

“Karya puisi tersebut sangat menginspirasi siapa saja yang membacanya, puisi tertuang dari dinamika proses pembelajaran. Pahlawan Inspirasiku menggambarkan hal yang tak mudah namun bukan berarti tidak bisa. Siswa/siswi MAN 1 Bogor yang kini sedang menuntut ilmu berusahalah terus tanpa jemu, memantaskan diri seiring menata hati, selaras dengan spirit para pahlawan yang telah memerdekan bangsa ini,” ungkapnya.

Ahmad Syukri sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor mengaku bangga terhadap para siswa MAN 1 Bogor yang sudah menuliskan puisi yang mempunyai makna dalam, puisi tersebut sudah mampu menyampaikan amanat atau pesan tentang pahlawan kemerdekaan.

“Dalam kumpulan puisi tersebut banyak sekali ditemukan kata-kata perlambang dan kata-kata konotasi yang bermakna dalam, saya melihat ini adalah karunia Allah, bahwa penggiat seni muda anak-anak MAN 1 Bogor sudah mampu menyampaikan amanat atau pesan dalam ungkapan tersembunyi dan amanat yang selaras dengan tema pahlawan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar