Mau Menulis Buku? Simak 5 Tips Ini!


GHIRAHBELAJAR.COM – Oleh: Ahmad Soleh

Menulis buku adalah sesuatu yang baik. Sebab, buku bisa menjadi legitimasi kehadiran dirimu dalam percakapan dunia. Dengan buku, kita dapat menyebarkan gagasan, kreativitas, pengetahuan, dan sebagainya secara lebih luas.

Menulis buku bukanlah perkara mudah. Sebab itu banyak orang yang ingin menulis buku, tapi tidak juga bisa terealisasi. Ada saja hambatan yang dihadapi.

Untuk itulah, dalam menulis buku ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Hal penting inilah yang akan diulas dalam tulisan kali ini. Oke, langsung saja kita simak 5 tips dalam menulis buku.

1. Agar Prosesnya Lancar, Siapkan Outline

Outline atau kerangka acuan merupakan bagian penting dalam upaya menulis buku. Mengapa begitu? Outeline kita anggap sebagai pemandu kita selama menulis buku. Karena dengan outline kita dapat menulis secara lebih terarah dan efisien.

Bayangkan bila menulis tanpa outline, tulisan kita bisa ke mana-mana, tidak fokus, dan berujung tidak selesai. Meskipun, terkadang akan ada ide yang muncul di tengah jalan dan dianggap lebih menarik, kita bisa saja merevisi outline-nya.

2. Supaya Bukumu Menarik, Bubuhi Judul yang Ciamik

Tak bisa dimungkiri bahwa judul adalah hal yang paling menonjol dari buku. Buku dengan judul yang menarik akan lebih mudah menarik peminat ketimbang judul biasa-biasa saja. Lalu bagaimana menentukan judul yang menarik?

Kita bisa menentukan judul dengan lebih dulu melihat kira-kira siapa sasaran pembaca buku yang kita tulis? Nah, tentu saja, judul juga menyesuaikan isi bukunya. Yang terpenting adalah bagaimana judul itu tidak datar dan bisa menggugah pembaca.

3. Jangan Gunakan Bahasa yang Sulit Dimengerti

Bahasa merupakan medium utama dalam tulisan. Tentu, bahasa yang terlalu sulit dimengerti akan menyulitkan pembaca. Untuk buku-buku bertema serius atau ilmiah pun sebaiknya menggunakan bahasa yang lebih mudah dimengerti.

Bila ada pilihan bahasa yang dengan istilah serapan atau bahasa asing, dengan bahasa yang lebih populer dan banyak digunakan orang, lebih baik gunakan bahasa populer. Pertimbangan menggunakan bahasa ini agar cakupan pembacanya lebih luas.

4. Sajikan Tulisan dengan Ilustrasi dan Tata Letak Menarik

Tulisan yang terlalu banyak, terkadang membuat pembaca mudah lelah dan bosan. Maka, kita bisa menyematkan beberapa ilutrasi, entah itu yang berkaitan dengan pembahasan atau berupa ornamen sederhana.

Hal ini bisa juga dengan memainkan tata letak atau layout buku yang menarik. Meskipun berisi full tulisan, kita bisa membuat variasi tulisan dengan membuat beberapa quote dengan gaya penulisan yang berbeda. Jangan lupa bubuhi warna yang menarik.

5. Buat Blurb yang Bisa Membuat Orang Penasaran dan Beli Bukumu

Dalam prinsip ekonomi, buku sebagai barang dagangan mesti dikemas dengan baik. Memang, buku tak selalu diiklankan seperti produk-produk lainnya di televisi. Sebab itulah setiap ruang yang ada pada cover menjadi wahana untuk mengiklankan buku tersebut.

Bila buku dibungkus plastik maka pembaca akan melihat ulasan atau deskripsi mengenai bukunya dari balik cover belakang. Itulah yang dinamakan blurb. Maka dari itu, usahakan blurb yang kita buat merupakan kata-kata yang penuh makna dan membangun rasa penasaran pembaca.

***
Nah, dengan mengaplikasikan kelima tips di atas, proses menulis buku kamu akan lebih mudah sampai pada tahap penjualannya. Tentu saja, menulis buku yang berkualitas harus dengan usaha yang keras.

Maka dari itu, jangan mudah puas dan jangan mudah putus asa. Teruslah berikan yang terbaik di setiap kalimat yang kamu susun dalam bukumu. Jemputlah sukses menjadi penulis di masa mendatang!

Posting Komentar

0 Komentar