Mahasiswa Baru Administrasi Publik UMJ Dibekali Wawasan Karier yang Luas


GHIRAHBELAJAR.COM, TANGERANG SELATAN - Pada hari Jumat, 6 Oktober 2023, Departemen Kajian dan Penelitian Strategis HIMIA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi) menggelar acara kajian pengantar administrasi bertajuk "Kajian Seputar Administrasi Publik" atau KASEP. Acara ini memiliki tema menarik, yaitu "To be Impactful Career: Sarjana Administrasi, Lulus Jadi Apa?". KASEP 2023 ini merupakan kajian perdana yang diselenggarakan oleh Departemen Kajian dan Penelitian Strategis di periode 2023-2024.

KASEP kali ini memberikan konsep Talkshow yang bertujuan untuk membawa mahasiswa baru lebih mendalam ke dalam dunia Administrasi Publik. Acara ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa baru yang penuh rasa ingin tahu untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang Administrasi Publik.

Dimas Rahmat Naufal Wardhana, Kepala Departemen Kajian dan Penelitian Strategis HIMIA, menyatakan, "Menyelenggarakan acara Kajian di Auditorium adalah tujuan kami untuk memberikan pengetahuan tentang Administrasi Publik kepada mahasiswa baru Administrasi FISIP UMJ.".

Kajian KASEP ini menghadirkan moderator dan narasumber yang berpengalaman. Selain itu, acara ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa Administrasi Publik memiliki beragam prospek karir yang dapat berdampak positif pada masyarakat luas.

Moderator acara, Yudha Dwi Saputro, Staff Kajian dan Penelitian Strategis, mengawali kegiatan dengan sambutan hangat kepada mahasiswa baru dan memulai diskusi dengan narasumber. Narasumber utama acara ini adalah Alan Andrea Kusuma, seorang alumni FISIP UMJ yang kini bekerja di bidang Administrasi Publik.

Moderator pun mulai bertanya kepada narasumber tentang peluang karir lulusan Administrasi Publik. Kak Alan menjelaskan bahwa lulusan Administrasi Publik memiliki beragam pilihan, termasuk menjadi dosen, peneliti, bekerja di pemerintahan baik di tingkat provinsi maupun kota, menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara), atau berkontribusi dalam masyarakat melalui lembaga swadaya masyarakat dan organisasi nonpemerintah yang berorientasi pada keuntungan sosial.

Sesi selanjutnya, moderator menanyakan tentang perencanaan magang dan pekerjaan awal yang relevan bagi lulusan Administrasi Publik. Alan menyarankan agar mahasiswa mencari peluang magang melalui website pemerintah yang relevan dan menyarankan menjadi asisten laboratorium Administrasi Publik sebagai salah satu pilihan yang sangat bermanfaat.

Acara Kajian Talkshow ini juga menampilkan sesi tanya jawab dengan narasumber, di mana mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya langsung. Tidak hanya ilmu yang didapat, peserta yang bertanya juga memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah dari Departemen Kajian dan Penelitian Strategis HIMIA.

Sebagai penutup, Ketua Umum HIMIA memberikan sertifikat kepada narasumber, Kak Alan, dan mengabadikan momen bersama peserta serta Badan Pengurus Harian HIMIA dalam sebuah foto bersama. Selanjutnya, dilakukan sosialisasi mengenai acara-acara berikutnya yang akan diadakan oleh Badan Pengurus Harian HIMIA.

Acara Kajian KASEP ini berhasil memberikan wawasan yang berharga kepada mahasiswa baru Administrasi Publik tentang beragam peluang karir yang ada di dunia Administrasi Publik, membuka pintu untuk pengembangan diri yang lebih luas, dan memberikan motivasi untuk meraih sukses di masa depan.

Posting Komentar

0 Komentar