Benarkah Belajar Bahasa Inggris Itu Penting?


GHIRAHBELAJAR.COM - Oleh: Syifa Widianisa

Bahasa Inggris merupakan bahasa dasar kedua yang harus dipahami oleh semua kalangan manusia setelah bahasa ibu mereka. Bahasa inggris menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini telah digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia.

Setiap hari, jutaan orang menggunakan bahasa inggris di tempat kerja maupun di kehidupan sosial. Begitu pula saat orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka.

Di era digital ini, secara tak sadar kita dituntut untuk bisa memahami bahasa Inggris. Karena semakin berkembangnya zaman, bahasa Inggris semakin banyak digunakan. Oleh karena itu, agar negara kita tidak tertinggal, maka kita perlu mempelajari bahasa Inggris.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris? Menurut para peneliti di Boston Amerika Serikat, mereka menyarankan anak-anak dapat belajar bahasa asing secara optimal sebelum usia 10 tahun. Oleh karena itu, sebaiknya anak-anak mulai belajar bahasa Inggris sejak dini. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris mulai diterapkan di tingkat SD/MI, tetapi penerapannya masih belum merata dan hanya sekitar 4% satuan SD/MI di Indonesia yang menerapkannya. Hal tersebut dikarenakan belum ada kejelasan mengenai status bahasa Inggris dalam kurikulum.

Sebelumnya, mata pelajaran bahasa Inggris pernah diwajibkan pada Kurikulum 2006, namun dihapuskan pada Kurikulum 2013. Sehingga saat ini, siswa-siswi tingkat SD/MI tidak belajar mata pelajaran bahasa inggris dan pada tingkat SMA/SMK pun dilakukan pengurangan porsi bahasa inggris dari empat menjadi dua jam pelajaran. Hal tersebut dikarenakan bhasa inggris masuk dalam struktur Kurikulum Merdeka, dimana hanya sebagai mata pelajaran pilihan dua jam pelajaran (70 menit) per minggu. Akibatnya, bisa dibilang penguasaan bahasa inggris masih tergolong rendah.

Mengenai hal itu, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo (Nino) menyampaikan pada live instragramnya (@ninoaditomo) Senin, 17 Juli 2023, bahwa pada Kurikulum Merdeka akan diwajibkan kembali mata pelajaran bahasa Inggris yang dimulai dari kelas 3 SD. Hal itu tentunya sangat baik bagi siswa-siswi yang ada di Indonesia, karena setidaknya mereka telah mengenal bahasa inggris sejak SD, sehingga diharapkan ketika mereka berada ditingkat SMA/SMK, sebagian siswa sudah memahami atau menguasai bahasa Inggris. Selain itu, diharapkan juga mereka akan jauh lebih siap untuk memasuki dunia kerja dengan skill bahasa Inggris yang dibutuhkan oleh tempat kerja mereka.

Belajar bahasa Inggris memang sangat penting, mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan selain untuk bekal di masa depan, keahlian berbahasa Inggris juga sangat dibutuhkan dan sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Dengan memiliki skill berbahasa Inggris yang baik, seseorang bisa memiliki peluang yang besar pula untuk diterima dibeberapa perusahaan ataupun untuk belajar di luar negeri yang sudah tentu semakin memperluas jaringan pertemanan.

Posting Komentar

0 Komentar