Mahasiswa FKIP Uhamka Jalani PLP 2 di SDN Rambutan 02 Pagi


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) selalu melaksanakan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 2) agar menciptakan mahasiswa yang unggul, Islami, dan terkemuka dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS).

Tujuan dilaksanakannya PLP 2 ini adalah agar mahasiswa/I FKIP UHAMKA dapat (1) Mengenal langsung lingkungan sekolah, suasana akademik, pelaksanaan administrasi, dan kondisi sosial sekolah; (2) Menguasai berbagai keterampilan dasar mengajar; (3) Menerapkan dan mengembangkan empat kompetensi, yaitu pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial; (4) Mampu menarik kesimpulan secara rasional dan objektif nilai edukatif dari penghayatan dan pengalamannya selama praktek mengajar sehingga dapat mengetahui bagaimana sesungguhnya posisi dan peran profesi seorang pendidik.

Kegiatan PLP 2 ini berlangsung selama 2 bulan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Oktober 2023 sampai 4 Desember 2023. Di SDN Rambuatan 02 Pagi yang beralamatkan Jalan Tanah Merdeka RT.10 / RW.04, RT.10/RW.4, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 13830. Dalam kegiatan PLP 2 ini diketuai oleh ketua kelompok, yaitu Fauziah Zahwa, dibimbing oleh ibu Dr. Wati Sukmawati, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan kelompok kami. Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA yang melaksanakan kegiatan PLP 2 ini tergabung secara berkelompok. Pada kegiatan PLP 2 ini kelompok 11 yang terdiri 7 orang mahasiswa yakni Farah Albi Febrianti, Atsylah Yusfika Putri, Fauziah Zahwa, Putri Lestari, Putri Assyiva Septiani, Nur Afifah Sulistiani, Azzahra Alika Rilvi.

Dalam kegiatan PLP 2 ini, mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA menggali berbagai informasi yang ada di SDN Rambutan 02 Pagi. Mulai dari proses kegiatan belajar mengajar, bagaimana cara mengelola kelas, kegiatan ekstrakulikuler, bagaimana menghadapi peserta didik yang memiliki berbagai karakteristik yang beragam dan kegiatan terbaru yang ada pada Kurikulum Merdeka yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang luar biasa untuk menjadi pendidik yang professional bagi Pendidikan di Indonesia ke depannya. Tidak hanya itu, kami mahasiswa PLP 2 juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan Hari Guru Nasional yang ke 78. Dalam kegiatan itu, kami menjadi panitia dan ikut serta lomba menari.

Adapun kendala pada kegiatan PLP 2 ini, yaitu sering terjadi miskomunikasi antara mahasiswa dan guru, terkadang informasi yang diberikan kepada mahasiswa terlambat sehingga sebagai mahasiswa perlu beradaptasi lagi dengan hal itu. “Selama mengajar, kendala yang dihadapi adalah bertemu dengan siswa anak berkebutuhan khusus yang beragam, karena meskipun mahasiswa selama perkuliahan menerima pembelajaran mengenai ABK dan inklusi, tapi penanganan secara langsung adalah hal pertama bagi kami sehingga hal itu cukup membuat kami sulit menangani peserta didik Anak Berkebutuhan Khusus," ungkap Fauziah selaku ketua kelompok 11 PLP 2.

Tating Herawati, S.Pd. selaku kepala SDN Rambutan 02 pagi mengatakan, “Jangan pernah malu, jangan malu kalau punya kelebihan yang bisa dituangkan lebih pada saat praktek mengajar. Dan terus berinovasi, saya sangat senang dengan adik-adik mahasiswa PLP. Semoga ke depannya adik-adik mahasiswa PLP bisa menjadi guru yang membangun masa depan anak-anak bangsa.”

Yanti Puji Lestari, S.Pd. selaku guru pamong di SDN Rambutan 02 pagi mengatakan, "Tetap kompak seperti ini, jangan puas dengan semuanya, tetap harus belajar dan tingkatkan lagi."

Dengan waktu yang singkat ini, kami selaku anggota kelompok 11 PLP 2 yang bertempat di SDN Rambutan 02 Pagi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga sekolah yang telah menerima dengan tangan terbuka, juga telah membimbing dan membantu pelaksanaan PLP 2 dari awal penerimaan hingga akhir penjemputan. Serta kami sangat bersyukur mendapatkan berbagai kesempatan, informasi, dan ilmu-ilmu baru dari pelaksanaan kegiatan PLP 2 di SDN Rambutan 02 pagi.

 

Posting Komentar

0 Komentar