'Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya' Karya Jules Evans

GHIRAHBELAJAR.COM -  Filosofi untuk Hidup dan Bertahan dari Situasi Berbahaya Lainnya (Bentang Pustaka, 2020) karya Jules Evans telah hadir di tengah kita. Buku filsafat kekinian ini menyuguhkan filsafat yang bukan sekadar wacana.

Kita terkadang pernah terjebak pada permasalahan hidup yang membahayakan keberlangsungan masa depan kita. Jules Evans, praktisi filsafat praktis serta pendiri The London Philosophy Club (klub filsafat terbesar di Inggris), pernah mendapati dirinya hidup dalam rasa cemas,depresi, serta stres pasca-trauma selama bertahun-tahun.

Melalui risetnya, Jules mengetahui bahwa gangguan-gangguan emosional ini dapat ditangani dengan CBT (Cognitive Behavioural Therapy atau Terapi Perilaku Kognitif). Sebulan setelah menjalani terapi itu, ia tidak lagi terkena serangan panik. Kepercayaan dirinya kembali muncul, bahkan mampu mencerna emosi yang meluap secara tiba-tiba. Menariknya, ide dan teknik-teknik dalam CBT ternyata tak asing—mengingatkannya pada pengetahuan seputar filsafat Yunani Kuno.



Dalam buku ini, Jules membayangkan sebuah sekolah impian, yang di dalamnya tercakup 12 pemikir terbesar di dunia. Kedua belas filsuf itu menyampaikan sebuah pesan berharga agar kita mampu menangani masalah dalam hidup, meminimalisasi emosi berlebihan, mengatur ekspektasi agar tak melulu kecewa, menjaga kendali diri lebih bijaksana, hingga mengenal prinsip menikmati hidup agar lebih tangguh dalam menjalaninya.

Henry Manampiring mengomentari buku ini, “Jika kamu masih menganggap filsafat sebagai topik yang mengawang-awang dan tak berguna, buku ini akan mengubah pandanganmu. Dengan bahasa yang lugas dan penuh cerita menarik, Evans menunjukkan bahwa filsafat justru bisa menjadi ‘terapi jiwa’ dan pilihan laku hidup (way of life)."

Tentang Jules Evan

Jules merupakan pengelola Well-Being Project di Centre for the History of the Emotions di Queen Mary, University of London. Dia juga merupakan mitra pengelola London Philosophy Club. Dia mendirikan www.thephilosophyhub.com. Tulisan Jules diterbitkan di Wall Street Journal, The Times, Spectator, Prospect, dan Psychologies. Dia telah bekerja sama dengan berbagai organisasi, di antaranya New Economics Foundation, Rockefeller Foundation, dan School of Life, sekolah filsafat di London.


Posting Komentar

0 Komentar