Maba Uhamka Merasa Senang Kuliah Daring Pakai OLU

 


GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA – Masa perkuliahan telah dimulai. Termasuk mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) yang sudah mulai merasakan kuliah secara daring atau kuliah jarak jauh.

Mahasiswa baru Uhamka merasakan awal masa perkuliahannya secara daring. Tentu ini tidak mudah. Banyak hal yang mesti disesuaikan. Namun, dengan adanya aplikasi Online Learning Uhamka (OLU), aktivitas kuliah jadi lebih mudah.

Bahkan, mahasiswa dan dosen jadi lebih efisien dan efektif dalam pembelajarannya. Seperti yang dialami Desnia yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Uhamka semester I. Desnia mengungkapkan, dirinya merasa senang meskipun kuliah secara daring. Hal itu karena ada aplikasi OLU.

Menurut dia, aplikasi ini sangat membantu dalam belajar. “Aku belajar dengan daring ini (OLU) merasa senang karena ada rekam jejak materinya, aku bisa lihat lagi jika lupa. Ini menjadi keuntungan buat aku yang suka lupa, kalau aku belajar sendiri tinggal buka aja OLU ini,” katanya.

Tentang OLU

OLU merupakan aplikasi yang dibuat untuk menunjang pembelajaran di Uhamka. Aplikasi ini memudahkan dosen dan mahasiswa karena di dalamnya sudah terintegrasi dengan data mahasiswa dan dosen serta mata kuliah bersangkutan. Menu yang ada di dalamnya juga bervariasi sehingga bisa memilih menu yang sesuai dengan kebutuhannya.

Aplikasi OLU dirilis dan mulai disosialisasikan pada Januari 2020, sebelum adanya pandemi Covid-19. Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran (LP3) Uhamka, Tri Wintolo Apoko, menuturkan, sejak Januari 2020, beberapa dosen sudah diperkenalkan aplikasi OLU.

“Sejak bulan Januari 2020, beberapa dosen sudah mulai diperkenalkan aplikasi OLU kemudian pada saat pandemi Covid-19, LP3 mengadakan sosialiaasi secara berkelanjutan kepada dosen-dosen di lingkungan Uhamka agar semua dosen dapat menggunakan OLU dengan mudah,” kata Tri Wintolo.

Hal ini, kata dia, dilakukan atas kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya Badan Pengembangan Teknologi Informasi (BPTI) Uhamka sebagai pihak yang memfasilitasi secara langsung aplikasi OLU ini.

Kepala BPTI Uhamka Endy Sjaiful Alim mengatakan, BPTI akan terus mengoptimalkan penggunaan OLU dalam menunjang kuliah daring. “Demi meningkatkan institusi Uhamka untuk lebih baik lagi, salah satunya dalam pelayanan kepada kurang lebih 23 ribu peserta pengguna OLU, maka tim BPTI akan terus mengoptimalkan penggunaan OLU sebagai platform utama kuliah daring di Uhamka dengan berbagai fitur attendence yang dibutuhan,” ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar