Resensi: DAMPAK COVID-19, INDONESIA MENGALAMI KRISIS PENDIDIKAN



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Dena Martina

Buku Menggebuk Pagebluk adalah sebuah karya buku yang diterbitkan oleh Pustaka Sedayu, Ghirah Belajar. Yang diterbitkan pada bulan September tahun 2020. Para penulis dibuku ini diantaranya adalah anak-anak muda dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, dosen, volunteer, pegiat leterasi, dan aktivis. Buku ini diterbikan secara geratis dalam bentuk digital. Buku ini membahas sesuatu isu tentang pendidikan. Bukan hanya itu, didalamnya juga terdapat beberapa pembahasan mengenai bullying, politik, literasi, sosial-budaya, dan pesan-pesan penting saat menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Buku ini mengisahkan tentang suatu isu yang terjadi di-Indonesia pada saat ini, yaitu pandemi Covid-19. Selama terjadinya pandemi Covid-19 ini, keterbatasan masyarakat untuk melakukan suatu aktivitas tidak seperti biasanya. Dimana selama pandemi Covid-19 ini masyarakat harus menerapkan physical distancing dan mematuhi protokol yang ada. Yaitu 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dengan adanya keterbatasan aktivitas, pemerintah mulai mengambil keputusan untuk semua kegiatan dirumahkan. Pada saat kegiatan belajar-mengajar dirumahkan, pembelajaran dilakukan secara online. Peran orang tua sangat penting untuk anak. Karena orang tua menggantikan peran guru pada saat terjadinya kegiatan belajar-mrngajar. Dimana guru hanya memantau murid-muridnya melalui online. Dengan terjadinya pembelajaran online, guru dan murid tidak merasakan efektif dan efesien dalam hal tersebut. Hal ini sangat berbahaya, karena bisa mengalami krisis pendidikan.

Buku Menggebuk Pagebluk menyampaikan pentingnya kita berikhtiar, dan bertawakal untuk menghadapi pandemi Covid-19. Dimana kita harus bersatu, bersama-sama menjaga kesehatan dan optimis melawan pandemi Covid-19 untuk kepentingan bersama.

Buku ini sangat bagus untuk dijadikan refrensi karena terdapat berbagai pemahaman dan pembelajaran. Kelebihan dari buku ini ialah pesan yang disampaikan sangat jelas, buku ini menyampaikan detail cerita. Dan kekurangan dari buku ini ialah kalimat yang digunakan terlalu bertele-tele dan terjadi kesalahan penulisan didalamnya.
#RMP2020

Disclaimer: Artikel ini merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk

Posting Komentar

9 Komentar