Resensi: PANDEMI COVID-19 MENGUBAH SEGALANYA




GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Emah


Menggebuk Pagebluk merupakan buku yang menjelaskan tentang cara atau usaha masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19 yang ditulis oleh Ahmad Soleh, dkk, dan diterbitkan oleh Pustaka Sedayu. Buku ini berisi informasi yang disampaikan penulis dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, aktivis, volunteer, pegiat literasi, dosen, dan praktisi. Dengan menjelaskan berbagai macam permasalahan yang dihadapi selama masa pandemi mulai dari pendidikan, politik, bullying, literasi, bahkan sosial budayaBuku ini menceritakan berbagai masalah yang dihadapi saat pandemi Covid-19 salah satunya infodemik yaitu informasi yang salah dan tidak jelas tujuannya. Sistem pembelajaran pendidikan di Indonesia yang tadinya dilakukan di sekolah diubah dengan pembelajaran menggunakan sistem berbasis online seperti Google Classroom dan Zoom Meeting.

Selanjutnya mengenai buku ini ada juga permasalahan cyberbullying di ruang digital, yang menyebabkan sejumlah korban akan memiliki rasa kepercayaan diri yang rendah hingga frustasi. Maka dari itu, untuk mencegah perilaku cyberbullying sebaiknya para orang tua dan masyarakat dapat memberikan pemahaman serta pengawasan terhadap anak-anak dalam penggunaan internet dan media sosial. Bukan hanya cyberbullying, senioritas juga masih menjadi momok serius yang harus dihilangkan dalam dunia pendidikan, agar dunia pendidikan bisa mengalami kemajuan. Kemudian masalah kebutaan literasi yang tidak kalah penting, dengan adanya literasi, masyarakat Indonesia bisa mengolah dan memahami informasi serta masalah yang ada dengan mendiskusikan bersama-sama, tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang berbagai aspek kehidupan.

Penulis juga memberikan hikmah yang bisa diambil dalam menghadapi Covid-19, yaitu dengan selalu peduli kesehatan, tetap produktif meskipun hanya di rumah. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas. Banyak hal yang bisa dipelajari dan dipetik dari buku ini, sehingga buku ini sangat cocok dibaca untuk seluruh kalangan masyarakat, terutama para mahasiswa, siswa, orang tua, dan guru. Walaupun ada beberapa kesalahan dalam penulisannya.
#RMP2020


Disclaimer: Artikel ini merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk


Posting Komentar

2 Komentar

  1. Wah bukunya menarik sekali

    BalasHapus
  2. Bagus juga ya bukunya, banyak pembahasan menarik yg disampaikan oleh buku ini. Recommended

    BalasHapus