Resensi: Pendidikan Digebuk, Sosial Kemasyarakatan Ditusuk


GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh : Adinda Fathya

Judul Buku : Menggebuk Pagebluk
Penulis : Ahmad Soleh dkk.
Penerbit : Pustaka Sedayu CV Sedayu Sukses Makmur
Tahun Terbit : September 2020
Tebal Halaman : 110 halaman
Harga : dibagikan untuk umum secara online

Sebuah buku yang berjudul “Menggebuk Pagebluk” karangan Ahmad Soleh dkk. serta perkumpulan dari penggerak literasi bangsa ikut terlibat dalam penulisan buku ini. Buku ini memiliki sudut pandang yang menarik dan perlu dibaca perlahan agar dapat dipahami. Buku ini dibagikan secara luas untuk siapapun yang ingin membacanya. Pembahasannya juga sangat beragam dan variatif mulai dari isu tentang pendidikan, bullying, politik, literasi, sosial-budaya, sampai pesan-pesan penting saat kita menghadapi pagebluk ini. Semua pesan yang tertuang dalam buku ini disampaikan oleh pembaca agar selalu optimis dan semangat dalam menjalankan aktivitas kala pandemi ini, dan tetap harus tawakal dalam melawan pagebluk ini.

Buku ini mengisahkan sebuah masalah di kehidupan yang nyata, yaitu tentang infodemik dimana ini menjadi sebuah masalah bagi semua orang, ialah semua orang yang tidak dapat menyimpulkan atau mengetahui inti dari permasalahannya. Beberapa orang menyimpulkan hanya dari satu sudut pandang saja tanpa mengetahui dan mencari tahu keaslian berita tersebut seperti apa. Sehingga menimbulkan opini dan beberapa pandangan buruk dalam menyikapi masalah ini.

Pada halaman utama buku ini menceritakan perihal Belajar Daring, sesuai dengan kondisi yang terjadi di indonesia semua siswa diharapkan untuk belajar daring via online. Banyak pihak yang tidak setuju akan hal tersebut dikarenakan kurang efesiensi dalam memahami materi pembelajaran. Apa yang dialami Indonesia pada tahun ini adalah salah satu ujian terberat bagi seluruh elemen pendidikan. Salah satunya adalah seorang guru yang mau tidak mau dituntut lebih bekerja keras lagi dalam menyampaikan pembelajaran yang kreatif, lugas, dan efektif. Semua elemen harus bersinergi untuk mengatasi permasalahan pendidikan saat ini.

Lalu topik selanjutnya yang dibahas dalam buku ini ialah peran teknologi informasi bagi kehidupan. Tumbuh dan berkembang di era teknologi informasi yang semakin canggih membuat segala hal terasa semakin mudah. Sehingga banyak hal positif dan negatif yang terjadi di dalamnya. Beberapa orang mengungkapkan dampak dari adanya teknologi yang berkembang salah satunya yaitu ialah, cyberbullying. Cyberbullying ialah suatu perbuatan yang telah umum terjadi sejak adanya era informasi digital dan media sosial. Penindasan jenis ini bersifat mengintimidasi korbannya yang tentu sangat merugikan bagi korbannya. Tentu dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting.

Sebagai makhluk hidup, kita harus selalu tanamkan rasa bersyukur kita kepada Tuhan yang Maha Esa, karna-Nya kita telah diberikan kelangsungan hidup yang berdampingan dan saling membutuhkan antar makhluk lain. Dalam masa pagebluk seperti ini tanamkanlah fikiran positif, jiwa dan raga yang sehat untuk menghadapinya. Janganlah kita terlena atau menyerah dalam menghadapi ujian dari Tuhan yang Maha Esa. Mari kita bersama-sama berdampingan melawan kondisi pagebluk yang menyerang negara tercinta kita ini dengan rasa kebersamaan dan kesatuan yang kukuh di dalamnya. Mari kita bersatu menggebah wabah.

Dapat saya simpulkan bahwa Buku ini sangat menarik perhatian orang banyak untuk berantusias membacanya. Bahasa yang digunakan sangatlah singkat, padat dan jelas sehingga dalam penyampaian yang disampaikan penulis tertuang dalam buku ini. Alur cerita yang menarik untuk dibaca. Dan tentunya buku ini mampu kalian dapatkan secara gratis melalui online. Namun ada beberapa kekurangan dalam gaya penulisan penyampaiannya yang kurang dimengerti bagi beberapa kalangan, sehingga tidak tersampaikan pesan penulis untuk beberapa masyarakat awam.

Disclaimer: Artikel ini merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk

Posting Komentar

0 Komentar