Resensi: Perkara Isu di Masa Pandemi

 



GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Putri Della Rossa, Mahasiswa STIE JIC

Buku Menggebuk Pagebluk merupakan salah satu karya tulis yang diciptakan oleh para milenial bangsa Indonesia. Tujuannya untuk menyampaikan ide dan renungan mulai dari isu pendidikan, bullying, politik, literasi, sosial-budaya, sampai pesan penting lainnya terutama disaat menghadapi pagebluk ini.

Di masa pagebluk ada sesuatu yang tak kalah bahaya dari virus Covid-19. Yaitu persoalan melawan infodemik (kabar burung). Selanjutnya, dampak Covid-19 terhadap pendidikan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat pada proses belajar-mengajar yang dilakukan secara daring dari rumah.

Di luar pembahasan infodemik dan dampak Covid-19 ada juga pembahasan yang cukup kompleks dalam kehidupan sehari-hari. Yaitu persoalan bullying dan cyberbullying. Serta pembahasan isu di Indonesia seperti persoalan budaya literasi. Perubahan sosial-budaya yang terjadi selama masa pandemi. Dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam kehidupan demokrasi serta politik. Seharusnya hal-hal seperti ini bisa diatasi bersama antara masyarakat dan pemerintah.

Terakhir, dalam buku ini dimuat beberapa cara menggebuk pagebluk. Hal ini terkait hikmah yang bisa kita ambil di masa pandemi. Tak lupa Covid-19 memberikan pembelajaran penting untuk seluruh dunia agar lebih peduli terhadap kesehatan.

Buku Menggebuk Pagebluk 2020 merupakan salah satu karya yang ditulis berdasarkan fakta persoalan dalam kehidupan sehari-hari terutama di masa pandemi saat ini. Penyampaian di dalam buku ini sangat ringan dan mudah dipahami. Walau masih ada sedikit koreksi seperti pengulangan kata yang berlebih dan kesalahan tipografi. Namun hal tersebut sama sekali tidak mengurangi kelebihan buku Menggebuk Pagebluk.

Buku ini sangat cocok dijadikan referensi untuk menambah wawasan kita terutama dalam menanggapi situasi seperti saat ini serta meningkatkan budaya literasi di Indonesia. Oleh karena itu, perlunya pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas melalui informasi dari pihak-pihak terpercaya agar kita tidak salah dalam mengambil keputusan untuk menyikapi persoalan yang ada terutama di masa pandemi saat ini. #RMP2020

 

Identitas Buku

Judul Buku: Menggebuk Pagebluk

Pengantar: Edi Setiawan

Juru Tulis: Ahmad Soleh dan kawan-kawan

Tukang Edit: Ahmad Soleh

Si Proofreader: Bayujati Prakoso

Juru Desain: Amanina Asiyah Qonita

Penerbit: Pustaka Sedayu dan Blog GhirahBelajar.com

Cetakan: I, September 2020

Tebal: viii + 110 halaman

Ukuran: 14 x 20 cm

 

Disclaimer: Artikel ini dipublikasi ulang atas seizin penulis dari: https://www.instagram.com/p/CGZjBnHhP_t/?igshid=90isplr6lpvr

Posting Komentar

0 Komentar