Resensi: SANG RAKSASA KECIL





GHIRAHBELAJAR.COM, Oleh: Putri Wahyuning Tias

Novel yang berjudul “menggebuk pagebluk “ ini ditulis oleh anak muda dari berbagai kalangan dan lintas generasi. Mulai dari mahasiswa, aktivis, volunteer, pegiat literasi, dosen dan praktisi. Novel ini menceritakan berbagai macam pembahasan mulai dari isu tentang pendidikan, bullying, politik, literasi, sosial budaya sampai pesan-pesan penting saat kita menghadapi keadaan yang mau tidak mau harus kita lewati bersama-sama.

Dunia mulai kacau semenjak munculnya wabah penyakit menular berupa virus covid 19 atau yang lebih di kenal dengan sebutan virus corona, virus tersebut merebak ke Indonesia menimbulkan kekhawatiran di masyarakat di karenakan minimnya pengetahuan tentang virus ini dan adanya infodemik dimana banyak orang yang menyebarluaskan berita yang belum jelas kebenarannya atau yang biasa dikenal dengan berita hoax.

Novel ini lebih dominan menceritakan dampak virus covid 19 di berbagai aspek dari dampak positif hingga ke dampak negatif terutama di aspek pendidikan salah satu dampak positifnya yaitu memicu percepatan transformasi pendidikan sedangkan salah satu dampak negatifnya yaitu kurangnya interaksi antara guru dengan murid sehingga ada beberapa siswa yang kurang paham terhadap materi yang disampaikan.

Meskipun di masa pandemi ini memberikan perubahan, seperti perubahan pola pikir dan pola komunikasi, Namun dibalik itu semua ada hikmah yang dapat kita ambil seperti semakin meningkatkan kualitas ibadah, semakin peka terhadap kondisi kesehatan dan lebih menghargai waktu bersama keluarga.

Novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan karena di dalam novel ini banyak pesan moral yang bisa kita ambil, bahasa yang digunakannya pun sederhana dan mudah dimengerti begitupun dengan cover dan judulnya yang menarik sehingga membuat pembaca penasaran. Sayangnya masih banyak kesalahan dalam penulisan dan pengetikan, Namun secara keseluruhan novel ini wajib dijadikan sebagai salah satu referensi membaca.


Disclaimer: Artikel merupakan kiriman peserta Give Away Menggebuk Pagebluk

Posting Komentar

1 Komentar