PKM Uhamka Menyuluh Kunci Sukses UKS dalam Penguatan Manajemen Sekolah





GHIRAHBELAJAR.COM, JAKARTA - Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Prof DR Hamka (Uhamka) kembali digelar. Kali ini, kegiatan PKM digelar di SD Negeri Ragunan 01. Kegiatan PKM diawali dengan beberapa kali pertemuan di SDN Ragunan 01 untuk berkoordinasi dan persiapan pelaksanaan kegiatan PKM. Sementara kegiatan intinya secara virtual mengacu kepada protokol kesehatan pada Senin (2/11).

“Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara daring, diawali dengan kunjungan ke sekolah, melakukan koordinasi, dan persiapan kegiatan PKM. Target luaran dari kegiatan PKM ini berupa publikasi di jurnal/prosiding, publikasi di media massa cetak/online, dan vidio kegiatan,” kata ketua tim PKM Uhamka, Dr Istaryatiningtias Msi, kepada Madrasahdigital.co, Kamis (5/11).

Adapun jumlah yang mengikuti kegiatan PKM ini, yaitu 34 orang. Di dalamnya termasuk ketua komite sekolah dan tiga orang narasumber yang merupakan tim dosen Sekolah Pascasarjana Uhamka.

PKM kali ini mengangkat tema “Kunci Sukses Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Penguatan Manajemen Sekolah di SDN Ragunan 01 Jakarta Selatan”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, pembinaan, dan peningkatan wawasan mengenai kunci sukses UKS pada masa pandemi Covid-19 dalam rangka penguatan manajemen sekolah.

“Pembinaan UKS secara terpadu diatur dalam SKB 4 Menteri, antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri,” kata Dr Istaryatiningtias Msi, ketua tim PKM, Kamis (5/11).

Dia menjelaskan, SKB 4 Menteri tersebut antara lain tertuang dalam aturan (1) Nomor 0408a/U/1984, Nomor 319/Menkes/SKB/VI/1984, Nomor 74/Tahun 1984, Nomor 60 Tahun 1984 tgl 3 September 1984 tentang Pokok Kebijaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah. (2) No. 0372a/P/1989, Nomor 390a/Menkes/SKB/VI/1980, No.140A/Tahun 1989, Nomor 30A Tahun 1989 tgl 12 Juni 1989 tentang Tim Pembina UKS.

“Kemudian, dalam (3) SK. TPUKS Provinsi DKI Jakarta Nomor 797 tgl 7 Mei 2002, dan (4) SK. TPUKS Kodya Jakarta Pusat Nomor 112 tanggal 10 Mei 2002,” ujar dosen Pascasarjana Uhamka tersebut.

Dr Istaryatiningtias Msi, selaku ketua tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang juga dosen Pascasarjana Uhamka ini, merasa bersyukur karena kegiatan PKM ini berjalan dengan baik. Hal itu, dia mengatakan, tidak lepas dari dukungan dan kemitraan dari berbagai pihak.

“Untuk itu saya selaku ketua tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) beserta anggota Dr. Hj. Ihsana El Khuluqo, M.Pd dan Dr. Rismita, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. H. Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Rektor Uhamka, Bapak Prof. Dr. Ade Hikmat, M.Pd selaku direktur SPs. Uhamka, Ibu Prof. Dr. Nani Solihati, M.Pd selaku ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat Uhamka, beserta seluruh komponen yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan program ini, serta Seluruh pihak yang telah membantu program kemitraan masyarakat ini,” ujarnya, Kamis (5/11).

Sumber: Madrasahdigital.co

Posting Komentar

0 Komentar