Sapardi: Bilang Begini, Maksudnya Begitu

 


GHIRAHBELAJAR.COM - Sapardi: Bilang Begini, Maksudnya Begitu.


Resensi Buku Bilang Begini, Maksudnya Begitu Karya Sapardi Djoko Damono

Sinopsis

Konon, puisi adalah mahkota bahasa. Puisi adalah hasil yang dicapai jika seseorang mampu bermain-main dengan bahasanya. Apa yang ditulis penyair tidak serta-merta bisa diartikan secara harfiah.

Gerimis bukan berarti hujan, dan bunga belum tentu berarti kembang. Kerap penyair bilang begini, maksudnya begitu. Lalu bagaimana caranya menangkap pesan atau makna yang ingin disampaikan oleh seorang penyair?

Buku ini bukan buku teori sastra, tetapi lebih semacam ajakan dari Eyang Sapardi Djoko Damono buat mengapresiasi puisi dengan pengenalan sejumlah alat kebahasaan yang dimanfaatkan penyair untuk menyampaikan sesuatu yang bisa saja berupa gagasan, cerita, sikap, suasan, dan sebagainya. 

Sejumlah alat atau muslihat atau gaya yang biasa digunakan penyair dalam puisinya dijelaskan dengan menampilkan sejumlah contoh. Pemahaman atas alat-alat itu diharapkan bisa membantu tumbuhnya apresiasi puisi yang lebih baik.

Mengungkap Ambiguitas

Eyang Sapardi, dalam buku ini menciba mengungkap ambiguitas yang terdapat dalam puisi atau syair. Sebab itu adalah hal mutlak dalam dunia perpuisian. Ambiguitas yang dimaksudkan di sini, penyair atau pemuisi pasti selalu mencoba mengungkapkan hal lain dari apa yang ia rangkai dalam kata dan kalimat.

Buku ini terdiri atas 10 (sepuluh) bagian atau subbab. Di tiap pembahasannya menampilkan pembahasan puisi-puisi lama dan populer dengan gaya bahasa yang khas. Sapardi tidak mengajak pembaca masuk ke dalam teori sastra, melainkan ke dalam pengalaman berbahasa. Mengungkap teks-teks, menangkap konteks, menggali makna terdalam dari sebuah ungkapan puitis.

Buku ini wajib dibaca oleh siapa saja yang peduli dan cinta terhadap puisi, sastra, dan bahasa Indonesia. Penting, terutama untuk menangkap bagaimana cara berpikir Sapardi dalam mengungkap makna dan pesan yang terkandung dalam sebuah puisi.

Identitas Buku

Judul: Bilang Begini, Maksudnya Begitu

Penulis: Sapardi Djoko Damono

Penerbit: Gramedia

Tahun: 2014

ISBN: 978 602 03 1122 7

****


Kamu Mau Memiliki Buku Terbaru Ahmad Soleh?

Memutus Wabah Pilu Menyemai Benih Rindu (Diva Press, 2020)


Aku Ingin Jadi Seperti Buya Hamka (Haura, 2020)





Posting Komentar

0 Komentar